DaerahSulawesi

Puluhan Warga Sipil di Gowa Ikut Latsarmil Komcad, Bupati Adnan : Bela Negara Juga Tanggung Jawab Rakyat

×

Puluhan Warga Sipil di Gowa Ikut Latsarmil Komcad, Bupati Adnan : Bela Negara Juga Tanggung Jawab Rakyat

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id —Puluhan warga sipil dari Kabupaten Gowa yang terdiri dari pemerintahan sipil, institusi TNI, insitusi pendidikan dan masyarakat umum mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran Komandan Cadangan atau Latsarmil Komcad.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dari 500 peserta yang mengikuti pelatihan dari wilayah Kodam XIV Hasanuddin, sekitar 47 orang merupakan warga Kabupaten Gowa.

“Saya berharap setelah pelatihan ini, peserta Latsarmil akan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat dan juga siap membela bangsa dan negara apabila terjadi gangguan keamanan dan pertahanan di NKRI,” katanya usai menghadiri Pembukaan Latsarmil Komcad T.A. 2022 di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Kecamatan Bontomarannu, Senin (30/5).

Menurut Adnan, kesadaran bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI atau Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) melalui pembentukan Komponen Cadangan TNI.

Pembentukan Komcad ini bertujuan untuk membentuk sebuah satuan baru agar ketika terjadi kekacauan, maka komponen cadangan ini siap membantu TNI dalam menghalau musuh yang mengganggu pertahanan negara.

“Dengan dibentuknya Komcad ini kita tidak akan kekurangan kekuatan angkatan perang jika sewaktu – waktu terjadi gangguan terhadap kedaulatan negara,” terang Sekjen APKASI ini.

Komponen cadangan ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 sebagai salah satu strategi pertahanan rakyat semesta untuk membentuk Komcad yang akan memperkuat komponen utama, yaitu TNI dan Polri.

“Setelah pelatihan selama di 3 bulan, komponen cadangan ini bisa dilibatkan sewaktu – waktu dan dapat digunakan apabila ada ancaman dari luar terhadap NKRI,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad yang membacakan amanat Menhan RI, Prabowo Subianto sangat mengapresiasi dan bangga kepada calon Komcad yang telah menjadi bagian dari Sishankamrata ini.

“Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter,” tegasnya.

Lebih lanjut, Pangdam menyebutkan bahwa kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa.

“Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komcad tidaklah mudah. Kalian adalah orang – orang terpilih yang telah diseleksi. Untuk itu, serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih,” pesannya kepada peserta Latsarmil di akhir sambutan.

Turut hadir pada kegiatan Pembukaan Latsarmil Komcad ini, beberapa Kepala Daerah dari Kabupaten/Kota di wilayah Sulselbar, perwakilan Universitas, serta pejabat lingkup Kodam XIV/Hasanuddin. kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *