SMA Negeri 1 Ciruas Siap Sukseskan PPDB

IMG 20220607 WA0022

Serang, faktapers.id – SMA Negeri 1 Ciruas berlokasi di Jl. Raya Serang – Tangerang KM.9,5, Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. saat ini sedang mempersiapkan optimalisasi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023

Yang mengacu kepadai arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar serta surat Kepala Dindukbud Nomor : 800/220/DINDIKBUD/2022.

SMA N 1 Ciruas siap menyukseskan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dimulai pada tanggal 15 Juni 2022.

“Memang, penerimaan siswa baru tahun ini diserahkan ke sekolah masing-masing. Namun harus tetap sesuai dengan bingbingan dan arahan dari Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dindikbud) provinsi Banten dan harus mengacu kepada petunjuk teknis PPDB ,” kata Yanto, SPd, MM, Kepala sekolah SMA N 1 Ciruas diruang kerjanya.

Yanto menjelaskan, pihaknya masih membangun proses penyempurnaan aplikasi dan uji coba infrastruktur pendukung untuk dapat menyukseskan PPDB tahun ini.

“Sekolah masih membangun dan menyempurnakan jaringan yang bisa membuat PPDB itu berjalan dengan baik, insya Allah akan kita uji coba dulu pada tanggal 8 Juni 2022, sebelum gelaran PPDB pada hari H. Akan di coba di internal secara bersama-sama, kalau masih ada kendala akan ada perbaikan dan penyempurnaan,” ungkapnya.

Menurut Yanto untuk PPDB Tahun ini pihak sekolah menggunakan tenaga teknisi internal yang sudah mumpuni dan berpengalaman di bidangnya, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, jelasnya.

“Teknisi yang kita pakai adalah teknisi yang sudah berpengalaman, yang pasti, kita akan meminimalisir segala kemungkinan-kemungkinan kekurangan yang terjadi pada saat PPDB berlangsung,” ujarnya.

Yanto juga tak lupa mengingatkan kepada masyarakat bahwa, sistem dan aturan PPDB tahun ini tidak berbeda jauh dari sistem tahun sebelumnya, yakni, mengacu kepada jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

“Namun dalam pendaftaran untuk tahun ini menggunakan web server sekolah, tidak lagi terpusat di Dindikbud Banten, sehingga kecil kemungkinan terjadinya error saat PPDB dapat diminimalisir, mudah-mudahan PPDB tahun ini berjalan dengan lancar,” papar Yanto.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan, pihaknya sangat mempriotittskan pelaksnaan PPDB tahun ini berjalan lancar tanpa adanya hambatan teknis, sehingga pihaknnya jauh hari sudah mempersiapkan segala infrastruktur dengan baik dan optimal dalam mendukung penyelengaraan PPDB tahun 2022.

Menurut Al, mekanisme PPDB Tahun 2022 ini akan diserahkan kepada server masing-masing sekolah, tidak terpusat lagi pada satu server seperti tahun sebelumnya.

Meski demikian, Pemprov Banten tetap akan melakukan pengawasan agar pelaksanaan PPDB tetap berjalan dengan baik dan lancar.

“Tentunya untuk menghindari berbagai gangguan jaringan yang menghambat pelayanan, akan ada perbaikan di setiap server sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Provinsi Banten Tabrani menambahkan, sebagaimana kebijakan dari Pj Gubernur Banten, untuk PPDB tahun ini berbasis web server di sekolah masing-masing.

“Kebijakan itu sangat bagus untuk mempermudah melokalisir ketika terjadi gangguan pada saat pelaksanaan,” katanya.

Ia mengatakan, persoalan nanti ada hal-hal terjadinya kendala, merupakan bagian dari yang harus dicarikan solusinya bersama. Pemprov Banten menekankan kepada masing-masing sekolah untuk mempersiapkan seluruh infrastrukturnya dengan baik dan maksimal.

“Seperti mempersiapkan hardware dan software-nya. Itu sangat penting sekali. Jangan sampai apa yang sudah kita evaluasi dari PPDB tahun lalu kembali terjadi,” tegasnya. RM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *