DaerahBali

Delapan PSN Siap Dicoret Pemerintah, Salah Satu Bandara Bali Utara

×

Delapan PSN Siap Dicoret Pemerintah, Salah Satu Bandara Bali Utara

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id -Pupus sudah harapan masyarakat terhadap proyek PSN yang selama ini menggaung-gaung, proyek tersebut adalah Bandara Bali Utara.

Dikabarkan bertahun-tahun proyek disuarakan menjadi isu liar adanya Bandara tersebut bahkan sempat menjadi ajang politik, terhadap rencana itu berbagai investor atau perusahaan menginginkan sesuai kajian di Kubutambahan lokasinya antara di laut dan di darat. Sedangan di barat Buleleng tepatnya di Sumberkelampok oknum menginginkan didaerah TNBB, kini akhirnya proyek tersebut di coret pemerintah pusat.

Seperti yang diungkap dari pernyataan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo dalam Media Briefing: Pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Semester I-2022, di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Wahyu Utomo menyebutkan, rencananya 8 proyek akan dicoret dari Proyek Strategis Nasional. Salah satunya Bandara Bali Utara.

“Karena dukungan masyarakat nggak kuat, juga kajiannya lambat atau misalnya harus mencari mitra yang tidak gampang,” jelas Wahyu Utomo.

Selain Bandara Bali Utara, ada 7 Proyek Strageis Nasional di Indonesia yang dicoret adalah Kereta Api Kalimantan Utara; Inland Waterway Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL); Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan; Bendungan Tiro di Provinsi Aceh.

Wahyu pun membocorkan, sejumlah proyek itu rencananya dicoret karena sampai saat ini belum ada perkembangan berarti. Apalagi, jabatan presiden  Jokowi saat ini tinggal dua tahun lagi.

“Sudah diberi warning perpanjangan, tapi tidak ada progress (kemajuan), sehingga dikeluarkan,” jelasnya.

Menurut Wahyu, kepastian sejumlah proyek ini dikeluarkan dari PSN ini diatur dalam Peraturan Menko Perekonomian (Permenko) Nomor 9 Tahun 2022 sebagai revisi dari Permenko 7/2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). */ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *