Dukung Penyelenggaraan FIBA CUP Asia 2022, PT PLN Perkuat Sistem Kelistrikan

IMG 20220712 234355

Jakarta, Faktapers.id– Suksesnya event Federation International de Basketball (FIBA) CUP ASIA 2022 yang akan berlangsung pada 12 – 24 Juli 2022 nanti, PLN bersinergi dan berkomitmen untuk menyediakan listrik yang handal selama event berlangsung.

Penyediaan listrik ini, baik di venue acara (di Istora Senayan Jakarta), venue latihan (di Hall Basket GBK dan GBK Arena) maupun di hotel para atlit.

Dukungan nyata PLN salah satunya adalah melalui pengamanan sistem kelistrikan oleh Unit Pelaksana Pengatur Beban Jakarta dan Banten (UP2B DKI JKB).

Dalam memastikan kehandalan dan keamanan pasokan listrik selama event liga bola basket putra se-Asia tersebut, UP2B DKI JKB sudah melakukan beberapa upaya persiapan dan perencanaan pengamanan sistem kelistrikan baik mempersiapkan personel maupun memastikan pengaturan operasi sistem agar pasokan listrik aman dan handal.

Penguatan di venue dengan menjaga keandalan transmisi dari hulu sampai hilir pasokan dengan tidak menjadwalkan pekerjaan transmisi selama event tersebut serta manuver di hari siaga dengan mengkoordinasikan agar pasokan utama dan pasokan cadangan berada dalam sub sistem yang berbeda untuk mengantisipasi gangguan sub sistem sudah diantisipasi sejak dini oleh UP2B JKB.

“Selama masa siaga 12 – 24 Juli 2022, UP2B DKI JKB berkoordinasi dengan pihak pembangkit PLTU Lontar 3 x 280 MW untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik pada sub sistem terkait. UP2B JKB akan meniadakan pekerjaan di Gardu Induk dan ruas terkait, utamanya yang berisiko menimbulkan kerawanan serta memerlukan pemadaman,” kata Taslim Manager UP2B JKB Taslim, melalui rilisnya, Senin (11/07/2022).

Lanjutnya, untuk itu beberapa pekerjaan pemeliharaan di area venue telah dimitigasi dan dilakukan sebelum masa siaga.

“Persiapan terkait peralatan defense scheme juga dilakukan dalam mengantisipasi kerawanan gangguan dan memastikan tidak ada peralatan defense scheme yang mengalami anomali,” ungkap Taslim.

Manager UP2B JKB menyebutkan, sistem kelistrikan Jakarta dan Banten pada saat siaga tersebut memiliki Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 17.274 Mega Watt (MW).

Sedangkan beban puncak tertinggi selama siaga FIBA sebesar 17.274 MW, dengan rata-rata cadangan selama perhelatan FIBA pada sebesar 5.985 MW, bervariasi sebesar 30 – 44 persen.

“UP2B JKB mempunyai personel kritikal dengan kompetensi khusus yang bekerja selama 24 non stop memastikan pengaturan operasi sistem yang disebut dengan dispatcher,” jelasnya.

Dalam mendukung pegelaran akbar tersebut, dispatcher kami akan memastikan pengaturan operasi sistem di subsistem Balaraja – Kembangan – Lontar yg menjadi pasokan listrik ke lokasi event terpenuhi, aman dari gangguan dan jika terjadi gangguan, pemulihan bisa berjalan cepat.

“Kami juga sudah memastikan kesiapan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) dan telekomunikasi beroperasi dengan normal sehingga dapat dipergunakan oleh dispatcher untuk mengatur operasi sistem,” tambah Taslim.*/Nel

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *