Hari Ini, Ada Festival Kuliner Nusantara dan Lomba Barista di Jalan Jaksa

IMG 20220814 WA0135

Jakarta, Faktapers.id – Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Festival Kuliner Nusantara dan Barista, di Jalan Jaksa, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Minggu(18/4/2022) pagi.

Festival yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB diawali dengan Fun Walk yang diikuti oleh Komunitas Jakarta Fashion Carnival, Cosplay Superhero Indonesia, Komunitas Manusia Patung/Humanoid, dan warga Kelurahan Kebon sirih. Melintasi Jalan Wahid Hasyim, Jalan Sabang, Jalan Kebon Sirih, dan finis di Jalan Jaksa.

Kepala Suku Dinas Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati mengatakan, festival ini Masih dalam rangkaian Festival Kebon Bang Jaim 2022 dan juga dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

“Festival Ini juga untuk meningkatkan giat ekonomi masyarakat pasca-Covid-19 terlebih di wilayah ini merupakan potensi destinasi wisata yang dimiliki Jakarta Pusat di mana banyak juga ditempati oleh wisatawan mancanegara,” katanya.

Menurutnya, festival ini juga untuk meningkatkan konsumsi dan potensi kopi di mana Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia.

” UMKM di Jakarta Pusat banyak sekali yang menjual kopi, sehingga edukasi dan lomba-lomba bisa meningkatkan pengalaman dan level mereka,” ucapnya.

Shinta menuturkan, dalam festival ini pihaknya berkolaborasi dengan komunitas PHRI di kawasan ini, Komunitas Kopi, Karang Taruna, Komunitas Jalan Jaksa, dan masyarakat setempat.

” Semoga festival ini berlanjut di tahun depan dan menjadi event wisata yang reguler dan menarik di Jakarta Pusat,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi Festival Kuliner Nusantara dan Lomba Barista ini sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jakarta Pusat dengan melibatkan berbagai kolaborator dan stakeholder.

” Jadi dengan keterlibatan para kolaborator dan stakeholder bersama dengan unsur-unsur masyarakat harapannya tercipta suatu ekosistem dalan pengembangan ekonomi kreatif yang ada di Jakarta Pusat. Dan juga bisa tercipta interaksi yang positif sehingga tercipta kohesivitas sosial serta lingkungan yang kondusif,” ucapnya.

Dhany juga berharap ke depan festival ini bisa dikembangkan lebih masif dan dalam kerangka yang lebih luas lagi.

” Kita harapkan peran kolaborator dan semua stakeholder bisa ikut ambil bagian sehingga dampak ekonominya, ekonomi kreatifnya itu semakin terasa untuk kepentingan masyarakat khususnya masyarakat Jakarta Pusat,” harapnya.

Festival ini semakin meriah dengan berbagai acara mulai dari flashmob Nandak Abang-None Jakarta Pusat 2022, tari-tarian, lomba barista, dan Fashion Show Batik Nusantara yang diperagakan oleh model cilik dengan lenggak-lenggok yang menarik dan elegan. Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *