Opini  

Kongres Nasional Luar Biasa 2022 KAI ‘Kembali Bersatu Menjadi Satu KAI’

IMG 20220830 WA0156

Oleh: Heytman Jansen.PS,SH

Jakarta – Kongres Nasional Luar Biasa 2022 dilaksanakan oleh Kongres Advokat Indonesia (K.A.I) di Hotel Amir Oasis Jakarta pada 27 Agustus 2022.

Tuntutan pembaharuan dalam tatanan Organisasi Advokat dalam memenuhi kebutuhan perkembangan dinamika kemajuan Profesi Advokat harus segera dipenuhi, maka sarana yang dapat mengatur perubahan ketentuan dan sistim organisasi hanya dapat diatur melalui perubahan dalam ketentuan AD, ART dan Peraturan Organisasi. Untuk itu perlu dilangsungkan melalui lembaga Kongres Nasional Luar Biasa.

Dilain hal adanya etikad merangkul kembali beberapa faksi KAI yang secara sejarah lahirnya berasal dari KAI, yaitu khususnya KAI Juanda. Sehingga melalui KNLB 2022 KAI ini dilakukan pengabsahan perubahan AD-ART, PO disertai Pengabungan 2 Faksi KAI yaitu KAI Sarinah dan KAI Juanda.

KAI Sarinah dibawah pimpinan Erman Umar.,SH selaku Presiden dan Heytman Jansen Parulian Simamora.,SH selaku Sekretraris Jenderal dari awal kepemimpinannya menekankan untuk dapat mengupayakan terjadinya rekonsiliasi dari beberapa faksi KAI yang ada. Dan pada hari ini sudah dapat dilaksanakan pengabungan denga salah satu faksi KAI dari 4 faksi KAI yang ada. Selanjutnya kami berharap dapat merealisasikan dengan faksi KAI lainnya.

Kami menyadari bahwasanya secara de facto bahwa keberadaan OA saat ini merupakan bentuk multybar dari OA. Pengabungan yang dilakukan hanya bersifat khusus menyatukan kembali OA KAI sehingga dapat menjadi OA terbesar yang solid dan profesional.

Perpecahan dan permasalahan organisasi advokat kian meruncing setelah dilaksanakannya Kongres Nasional Ke II 2014 di Palembang. Perpecahan itu semakin meruncing, karena sejumlah kalangan yang mengedepankan ego dan pembenarannya.

Padahal, untuk mempersatukan advokat, yang dibutuhkan adalah kedewasaan, dan bukan hanya mengedepankan kesenioran, mantan pengurus, kehebatan atau kepakaran dalam hukum dan merasa dirinya paling benar sehingga membuat kondisi organisasi advokat semakin terpuruk.

Jika memungkinkan dan memiliki satu visi dan misi dalam membangun dunia advokat maka sudah selayaknya pada tahun 2024 KAI dapat menyelengarakan Kongres Nasional Ke IV bersama.

**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *