Jawa

Bumi Perkemahan di Desa Kalikotes Rencana Dilengkapi Jembatan Gantung

×

Bumi Perkemahan di Desa Kalikotes Rencana Dilengkapi Jembatan Gantung

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus melakukan terobosan untuk memaksimalkan pengembangan Bumi Perkemahan (Buper) Tirta Mulya sebagai icon wisata di desa setempat. Saat ini pihak Pemdes setempat masih menunggu Detail Engineering Desain (DED) dari Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.

Kepala Desa Kalikotes, sekaligus pengelola Bumi Perkemahan Tirta Mulya, Ponidi mengatakan, keberadaan Bumi Perkemahan merupakan salah satu icon destinasi wisata di Desa Kalikotes. Ia mengaku sejauh ini memang masih banyak fasilitas yang harus dipenuhi untuk pengembangan Buper tersebut.

“Setelah pandemi, Pemdes melaui Bumdes terus berupaya membangkitkan kembali pengembangan Buper itu agar semakin memiliki daya tarik bagi wisatawan utamanya untuk fasilitas Outbound yang dinilai masih minim,” katanya, Senin (26/9/2022).

Salah satunya, lanjut dia, adalah rencana pembangunan jembatan penghubung yang berada dilokasi sekitar Buper. Selain sebagai sarana untuk mempermudah akses masyarakat di dua RW, keberadaan jembatan ini juga dapat menambah daya tarik para pengunjung yang ingin memanfaatkan Buper untuk berbagai kegiatan.

“Panjang jembatan sekitar 12 meter, jika dapat dibuat jembatan gantung seperti di Girpasang tentu akan menambah daya tarik, rencana ini sudah beberapa kali kita usulkan di forum Musyawarah Desa (Musdes), saat ini kita juga menunggu hasil DED yang tengah dikerjakan dari pihak Unwidha,” ucapnya.

Dalam waktu dekat kata Ponidi, Pemdes juga akan menggelar festival dan bazar UMKM dengan memanfaatkan anggaran ketahanan pangan. Pelaksanaannya akan ditempatkan di Buper Tirta Mulya sekaligus sebagai sarana promosi.

Terpisah, Wakil Rektor Unwidha Klaten, Daru Pratomo membenarkan jika ada pembicaraan dengan Pemdes Kalikotes terkait pembuatan Detail Engineering Desain (DED) untuk pengembangan Bumi Perkemahan Tirta Mulya.

“Ini tindak lanjut dari program kerjasama dan pengabdian kampus terkait penyelenggaraan KKN para Mahasiswa Unwidha di Desa Kalikotes beebrapa bulan lalu,” ungkap Wakil Rektor.

Proses pembuatan DED sudah dimulai, tim dari Unwidha Klaten menurutnya, telah melakukan survei di lokasi Buper Tirta Mulya sebagai bahan untuk pembuatan DED pengembangan Bumi Perkemahan di Desa Kalikotes. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *