Ini Cara Memeriksa Komputer Bekas

Ini Cara Memeriksa Komputer Bekas

Ini Cara Memeriksa Komputer Bekas

Sangat penting untuk memeriksa komputer bekas secara menyeluruh sebelum membelinya, karena ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Hard drive tidak akan menunjukkan tanda-tanda eksternal tetapi dapat rusak. Demikian pula, jarum dapat terpeleset secara tiba-tiba dan menggores disk, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya memori, karena komputer bekas dapat rusak kapan saja. Jika diperiksa, kemungkinan kesalahan dapat diidentifikasi.

Baca Juga : Ini 3 Jenis Kamera Yang Berbeda

Pertama, mari kita lihat kesalahan yang bisa terjadi saat membeli komputer bekas.  Kegagalan hard drive dapat terjadi karena keausan berat selama periode waktu tertentu. Kepala baca dan tulis hard drive digunakan untuk mengambil atau mengkode ulang data yang disimpan di hard drive menggunakan disk berputar berkecepatan tinggi. Seiring waktu, risiko kegagalan atau malfungsi disk meningkat. Bad sector hard drive hanya dapat dideteksi jika pemindaian permukaan penuh dilakukan pada komputer yang digunakan.

Waktu analisis tergantung pada kapasitas dan ukuran hard disk komputer yang digunakan. Banyak orang melewatkan proses ini karena pemindaian drive penuh yang membosankan dan akhirnya membeli komputer bekas dengan sektor buruk. Monitor harus diperiksa apakah ada kesalahan. Kerusakan layar dikenal sebagai “lem kering”, yang membuat layar tidak dapat dioperasikan setelah dipanaskan. Ini hanya dapat diverifikasi jika monitor dihidupkan setidaknya selama 20-30 menit setelah komputer dihidupkan.

Baca Juga : 2 Masalah E-Mail Umum dan Apa yang Harus Dilakukan

Selanjutnya, periksa apakah CPU mungkin dibekukan. Biasanya semua CPU memiliki kipas dan heatsink untuk menjaga perangkat tetap dingin. Seiring waktu, kipas mungkin tidak berfungsi dengan baik karena penumpukan debu yang menyebabkan CPU menjadi terlalu panas atau bahkan berhenti bekerja. Saat membeli komputer bekas, perlu untuk memeriksa kipas dan jika mengeluarkan suara yang tidak normal, maka belilah.

Komputer yang digunakan lebih cenderung hang dan hang karena telah menggunakan sistem operasi selama bertahun-tahun. Mungkin ada kesalahan cache atau RAM karena eksposur berlebih yang mengakibatkan hilangnya data. Untuk meningkatkan kinerja komputer dan menghindari crash, Anda dapat menginstal ulang sistem operasi komputer bekas dengan sistem operasi baru atau baru.

Baca Juga : 3 Cara Sederhana Untuk Membeli Komputer

Saat menguji komputer yang digunakan untuk kemungkinan kesalahan, Anda harus memutuskan sambungan dari jaringan, jika ada, sebelum melanjutkan pengujian. Anda juga harus menguji drive seperti CD atau DVD dengan membuka dan menutupnya dan juga memainkan sesuatu di drive untuk melihat kinerjanya. Monitor komputer yang digunakan dapat diperiksa resolusi dan kecerahannya dengan mencoba berbagai opsi warna, pengaturan, dll.

Untuk memeriksa ukuran hard disk, profil CMOS dapat dilakukan, dan untuk memeriksa kecepatan CPU, cache, dan RAM, tombol jeda ditekan ketika muncul di layar saat startup. Untuk menguji proses boot, komputer dapat dihidupkan dan dimatikan beberapa kali dan lihat bagaimana reaksinya. Dianjurkan untuk memeriksa bahwa semua kata sandi dihapus sebelum membeli komputer bekas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *