Bali

Koramil 1609-05/Sukasada: Selesaikan Progres Pompa Hidram Demi Masyarakat

×

Koramil 1609-05/Sukasada: Selesaikan Progres Pompa Hidram Demi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Singaraja, Faktapers.id – Program pemasangan Pompa Hidram Pertanian di wilayah Kodim 1609/Buleleng segera dituntaskan oleh pihak PLTM untuk pertanian produktif wilayah Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada.

Pemasangan pompa Hidram yang dikerjakan Kodim 1609/ bersama Koramil 05/Sukasada sejak seminggu di bulan September 2022 yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan daripada lahan pertanian terutama subak setempat.

Kendati Minggu 18 September 2022, TNI dan masyarakat masih tetap berkolaborasi guna menyelesaikan secara cepat dengan progres pengerjaan Bak Transit ukuran P 6 x L 2 x T 2 m: 75%, Bak Primer ukuran P 10x L 3 x T 1 m: 2%,Pembuatan Rumah Pompa Hydram ukuran P 6x L 2x T 2 m dan pemasangan Pompa Hidram: 52%, Pemasangan Pipa Galpanis dan Bantalan jarak 21 m: 75%,Pemasangan Pipa HDPE dari sumber Air ke Bak Transit jarak 150 m: 10%, Pemasangan Pipa HDPE dari Pompa Hidram menuju Bak Primer jarak ± 1.600 m: 0% Hasil yang dicapai: 35,66%.

Debit air yang akan digelontorkan 2 liter/detik dengan luas lahan disuplay air 40 hektas. Pengerjaan selain dihadiri masyarakat, Danramil Kapten Arh Gede Buktiana, Kepala Desa Panji Anom Nyoman Mustanda,Kelian Subak I Nyoman Tajun.

Danramil Kapten Arh Gede Buktiana yang mengkoordinir kegiata tersebut tak menampik kendati hari libur yang mentinya menyantaikan diri bersama keluarga namun tetap semangat untuk mencapai tujuan.

“Ya minggu juga kita lakukan kegiatan bersama masyarakat demi para petani untuk mendapatkan suplay air guna mengairi lahan pertanian mereka. Kegiatan ini hampir 75 persen kita lakukan bersama secara gotong royong dengan warga seperti melanjutkan pembuatan bantalan penjepit pipa, penyambungan pipa HDPE. Harapan saya cepet selesai dan lahan warga tidak mengalami kekeringan,” jelas Danramil Kapten Arh Gede Buktiana.

Dengan adanya Pompa Hidram diwilayah tersebut warga diharapkan untuk selalu menjaga kondisi hutan mengurangi penebangan pohon yang dantinya dapat mengakibatkan debit air berkurang. (ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *