RPTRA Madusela Jadi Titik Fokus Pelaksanaan World Cleanup Day 2022

IMG 20220917 WA0010

Jakarta Faktapers.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Lions Club Indonesia serta masyarakat, membersihkan lingkungan secara serentak dalam rangka memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day 2022.

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus mengatakan, bersih-bersih ini dilakukan serempak di delapan kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

“Kita melakukan kerja bakti dan pick up sampah dengan melibatkan pasukan warna warni dari unsur pemerintah, masyarakat, dan juga kolaborator,” katanya saat ditemui, di RPTRA Mangga Dua Selatan (Madusela), Kecamatan Sawah Besar, yang menjadi salah satu titik World Cleanup Day 2022, Sabtu (17/9).

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan lingkungan perlu dijaga. “Bukan hanya sekedar seremonial tapi menjadi bagian kebiasaan masyarakat,” ucapnya.

Martua menuturkan, Lions Club yang merupakan organisasi sosial telah mengedukasi terkait pemilahan sampah yang sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 77 tahun 2020 tentang pemilahan sampah dari sumbernya.

“Pemilahan sampah di Jakarta Pusat telah berjalan baik dan terus kita tingkatkan sesuai target pemprov DKI Jakarta,” tuturnya.

Martua pun mengapresiasi kolaborasi ini dan ke depan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat siap dan terbuka untuk melakukan kolaborasi-kolaborasi kegiatan lainnya.

“Lions Club kegiatan kemasyarakatannya sangat banyak karena merupakan organisasi yang besar dan mendunia, kita terbuka apabila Lions Clubs ingin kembali berkolaborasi dengan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, perwakilan Lions Club Indonesia Devina mengungkapkan, dalam World Cleanup Day 2022 mengangkat tema ‘Lions Club Peduli Indonesia Bersih dan Bebas Sampah’.

“Ini satu gerakan kita untuk memberikan semangat kepada masyarakat agar ikut peduli karena kebersihan lingkungan merupakan suatu tugas dan tanggung jawab kita, kalau semua bersih anak atau cucu-cucu kita bisa melakukan kegiatan dengan aman dan nyaman,” ungkapnya.

Devina pun mengaku senang dengan dukungan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, yang meminta para wali kota untuk membantu dan memfasilitasi kegiatan ini.

“Kolaborasi seperti ini akan terus kita lakukan karena tanpa pemerintah daerah atau kelurahan kita tidak bisa buat apa-apa,” tutupnya. (Zul/Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *