Jawa  

Mantap! Obyek Wisata Girpasang dan Kali Talang Masuk Nominasi 10 Besar API

IMG 20221007 WA0038

Klaten, Faktapers.id – Sebanyak dua destinasi wisata di lereng Gunung Merapi wilayah Klaten masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Kedua destinasi wisata itu yakni Girpasang yang berada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang dan Kali Talang Bikepark di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Hasil informasi dilapangan, API Award digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Girpasang masuk 10 besar nominasi kategori dataran tinggi. Sementara, Kali Talang Bikepark masuk 10 besar nominasi kategori wisata olahraga dan petualangan.

Tahapan voting sudah dibuka sejak 1 Juni 2022 dan berlangsung hingga 31 Oktober 2022. Dari hasil penilaian sementara pada periode voting 1 Juni 2022 hingga 30 September, Girpasang menempati posisi pertama dari 10 nominasi kategori dataran tinggi. Kali Talang Bikepark di posisi keempat dari 10 nominasi kategori wisata olahraga dan petualangan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan saat ini voting masih dibuka. Dia mengajak berbagai pihak memberikan voting guna mendukung dua destinasi wisata Klaten itu.

Cara memberikan dukungan suara dengan like, comment, dan share video pariwisata favorit di kanal Youtube API Award. Selain itu, berikan like, comment, dan share feed pariwisata favorit melalui akun Instagram @ayojalanjalanindonesia.

Berikutnya like, comment, dan share postingan nominasi di album pada akun Facebook Anugerah Pesona Indonesia. Dukungan juga bisa diberikan melalui SMS premium dengan ketik API 10F dan kirim ke 99386 untuk Girpasang. Dukungan SMS untuk Kali Talang Bikepark dengan ketik API 7C kirim ke 99386.

“Pemilihan ini telah melalui proses seleksi dan kurasi yang dilakukan oleh panitia penyelenggara yang kemudian dilanjutkan dengan rapat penentuan nominasi bersama komite seleksi,” kata Nugroho, Selasa (4/10/2022).

Nugroho menjelaskan hingga kini upaya untuk menggenjot dukungan terus dilakukan. Disbudporapar membikin surat edaran salah satunya mengajak sekolah-sekolah guna memberikan voting untuk dua destinasi wisata tersebut.

“Pencapaian ini merupakan hal yang sangat menggembirakan karena sebagai upaya kami untuk membangkitkan kembali pariwisata di Klaten pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia berharap, kedua destinasi tersebut posisinya terus diatas, sehingga sampai pada masa selesai voting dapat unggul dan meraih penghargaan tingkat nasional. Oleh karena itu, pihaknya meminta support dukungan warga Klaten dengan cara like, komen dan share. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *