Jawa

Bulan Kewaspadaan Kanker, Aryo Nindito: Penyintas Harus Saling Menyemangati

×

Bulan Kewaspadaan Kanker, Aryo Nindito: Penyintas Harus Saling Menyemangati

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – Sejumlah penyintas penyakit kanker payudara yang tergabung dalam ‘’Teman Seperjuangan’’ menggelar acara Tetap Sehat Bersama Kanker di RM Banyoe Oerip Klaten, Senin (31/10/2022).

Tidak kurang dari 50 penyintas kanker payudara menghadiri acara yang digelar bertepatan dengan Bulan Kewaspadaan Kanker Payudara tersebut.

Ketua Teman Seperjuangan Klaten, Trisnaningsih mengatakan, organisasi ini terbentuk melalui Whatsapp Group (WAG) pada Desember 2019. Saat ini anggotanya ada sekitar 120 orang, namun yang hadir dalam acara saat ini hanya 50 an orang.

Acara itu menghadirkan Narasumber Aryo Nindito, dokter Spesialis Bedah Onkologi dan Konsultan dari RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten dan Pitra Sekar Diandra, dokter spesialis gizi yang bertugas di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro dan RSI Klaten.

Aryo Nindito, dokter Spesialis Bedah Onkologi dan Konsultan dari RSUP Soeradji Tirtonegoro mengatakan kelompok penyintas Teman Seperjuangan ingin menyemangati sesama penyintas. Orang yang terkena kanker biasanya dilanda kecemasan dan depresi sehingga menjadi lemah secara fisik dan mental.

“Kondisi itu bisa diminimalisir. Teman Seperjuangan juga memberikan andil dan informasi yang benar kepada penderita kanker payudara, termasuk melakukan deteksi dini kanker agar pengobatan bisa maksimal,” katanya.

Sedangkan Pitra Sekar Diandra, dokter spesialis gizi yang bertugas di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro dalam kesempatan tersebut menyampaikan terkait pola makan bagi penderita kanker, fakta dan mitos seputar penyakit kanker payudara. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *