Jawa  

Desa Pundungan Kembangkan Kawasan Pertanian Terpadu, Ditargetkan Selesai 2025

IMG 20221114 WA0037

Klaten, Faktapers.id – Pemerintah Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten secara perlahan namun pasti melengkapi fasilitas untuk pembangunan kawasan pertanian terpadu. Melalui program ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Kepala Desa Pundungan, Danang Setiawan, mengatakan pembangunan komplek pertanian terpadu tersebut merupakan bukti keseriusan Pemerintah Desa Pundungan dalam bidang ketahanan pangan.

“Komplek pertanian terpadu ini rencana akan menggabungkan antara area Pertanian, Kandang Komunal, TPS 3 R (Tempat Pengolahan Sampah), Perikanan, Penggilingan Padi dan pembuatan Pupuk Kompos,” terang dia, Senin (14/11/2022).

Ia menerangkan lokasi komplek pertanian terpadu berada tepatnya di Dukuh Sindon yang berdekatan dengan Sungai Pusur. Pada tahun ini Pemdes berencana membuat Sanggar Tani yang lebih representatif dengan petani memiliki tempat dan wadah untuk diskusi dan belajar pertanian.

“Direncanakan pembangunan kawasan pertanian terpadu ini rampung pada tahun 2025 lengkap dengan cafe sawahnya. Berawal dari tempat yang memadai ini generasi muda diharapkan tertarik lagi menjadi petani dan tidak lagi merantau,” ucapnya.

Kades berharap dengan perintisan komplek petanian terpadu ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan tambahan penghasilan petani, namun pihaknya meminta ini harus mendapatkan dukungan semua pihak termasuk Pemkab Klaten. *(Madi)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *