Jawa

Srawung Budaya Desa Kalikotes Tampilkan Festival Jenang Hingga Dzikir Jeng Sunan

×

Srawung Budaya Desa Kalikotes Tampilkan Festival Jenang Hingga Dzikir Jeng Sunan

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – Selama dua hari 5-6 November 2022 Pemerintah Desa Kalikotes menggelar hajat tradisi Srawung Budaya yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Tirta Mulya. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani beserta Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya. Ada sederet kegiatan yang dihelat dalam acara ini salah satunya festival jenang.

Srawung Budaya ini digawangi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Langit. Acara yang memasuki hari pertama tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menjelang Hari Pahlawan tahun ini dengan mengusung tema “Menyulam Silam Desa Kalikotes”.

Kepala Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah, Ponidi, mengatakan kegiatan ini diawali launching penyerahan Surat Keputusan (SK) Desa Wisata dari Bupati Klaten dilanjutkan penandatanganan prasasti diteruskan festival jenang dan setelah jam 12.00 WIB akan ada bedah buku tentang sejarah asal-usul Desa Kalikotes.

“Rangkaian acara dilanjutkan pada malam nanti dengan lantunan sholawat oleh majelis dzikir mocopat didatangkan langsung dari group Jeng Sunan asal Surakarta, sedangkan esuk harinya, Minggu (6/11) ada pentas seni reog, kesenian yang sudah familier ditengah masyarakat kita,” terang dia, Sabtu (5/11/2022).

Selain itu, lanjut Ponidi, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Bupati Klaten juga meresmikan rumah hidroponik Tirta Arum dengan pendamping dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan (DPKP) Kabupaten Klaten. Launching rumah hidroponik ini diharapkan bisa mensupport dari seluruh steakholder yang ada di Desa Kalikotes sebagai patriot desa wisata.

“Untuk pengembangan wisata yang ada di desa ini akan dilengkapi dengan destinasi baru yaitu Miniatur Ka’bah untuk biro dan pelaksanaan manasik haji di Desa Kalikotes. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 50 persen. Bangunan itu akan dirangkai terpadu dengan gedung serba guna dan taman kuliner yang menempati satu lahan dilapangan Desa Kalikotes,” ungkapnya. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *