Jawa

HUT ke-95 Tahun, RSST Klaten Terus Berkomitmen Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

×

HUT ke-95 Tahun, RSST Klaten Terus Berkomitmen Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten berusaha melakukan serta memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik tanpa pandang bulu atau tidak diskriminatif dan berkomitmen akan meningkatkan derajat kesehatan kepada semua masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, dr. Endang Widyasari saat ditemui wartawan, disela-sela kegiatan Peringatan HUT RSST Klaten ke-95, Sabtu (17/12/2022).

Menurutnya, dengan hadirnya RSST ini sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan didukung sarana prasarana (Sarpras) peralatan medis serta tenaga medis yang handal.

‚ÄúPerkembangan sarana dan prasarana antara lain yang pertama seluruh fasilitas untuk gedung bedah sentral dan perawatan intensif baik untuk anak, jantung dan stroke itu alhamdulillah sudah mulai operasional pada 2022,” ujar dia.

Menurut Endang, saat ini yang masih proses adalah pembangunan gedung untuk penyakit infeksi emergency, yang sejak 2020 tahun lalu untuk penanganan Covid-19. Setelah dipakai penanganan Covid-19 itu rencana jangka panjangnya akan dipakai untuk penyakit infeksi emergency.

“Khususnya untuk tuberkulosis yang resisten dengan obat serta kedepan penanganannya akan dibantu dari fakultas Kedokteran UGM Jogjakarta, selain itu untuk pengembangan pendidikan dokter spesialis paru,” terang dia.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Kemenkes juga memberikan arahan kepada RSST Klaten sebagai rumah sakit vertikal yaitu harus unggul paling tidak tingkat Asean, rumah sakit vertikal sebagai pusat riset dengan kerjasama dari institusi pendidikan.

“Kemudian rumah sakit vertikal harus sebagai rumah sakit pengampu dan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan diwilayahnya. Harapanya hadirnya RSST Klaten bisa meningkatkan derajat kesehatan untuk seluruh pasien dengan tidak membedakan ataupun diskriminatif kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HUT RSST Klaten, dr Deni Ibnu Wahid menjelaskan keberadaan rumah sakit ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat derajat kesehatan masyarakat akan meningkat.

“Rangkaian acara peringatan HUT RSST Klaten ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain baksos ke panti asuhan, aksi donor darah, sepeda santai, senam sehat dan olah raga bulu tangkis, futsal dan dan tenis,” ungkapnya. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *