Kereta Api Teknis KCJB Jakarta-Bandung Leluar dari Lintasan Proyek Kereta Cepat yang tengah Digarap KCIC

IMG 20221219 WA0019

Jakarta, Faktapers.id -PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menyampaikan mengenai kereta kerja yang keluar jalur di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Terlihat Vidio sebuah kereta api milik KCJB diduga anjlok. Dimana 2 video yang beredar di media sosial menunjukkan satu gerbong kereta teknis keluar dari lintasan proyek kereta cepat yang tengah digarap KCIC.

Kereta teknis di jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilaporkan anjlok keluar jalur pada Minggu (18/12/2022). Empat tenaga kerja diduga terluka akibat insiden ini.

“Keretanya lepas jalur (keretanya terlepas dari jalur),” ujar seseorang di balik video berdurasi 15 detik yang berbicara dalam bahasa Sunda, seperti dikutip Ahad petang, 18 Desember 2022.

Menurut info Crew dilapangan ( Pegawai ), kondisi kereta dari mulai wilayah Kicau Bojong Koneng sudah kelihatan dengan kecepatan tinggi sehingga begitu sampai di DK 102.900 wilayah Rt 03/21 Desa Campakamekar kereta tidak tertahan dan lepas dari ujung Rel yang sedang dipasang. Kereta yang satunya menabrak yang depannya, sehingga terjadi Kecelakaan, berakibat Korban meninggal Chang Shin shang 40 ( Lk ) dan Chang Shin Yung 36 ( Lk ).

Sedangkan korban Luka-luka :
Wang jiji ( Lk ), Jie Thencang ( Lk ),Chao Qianyao ( Lk ) dan 1 orang belum diketahui identitasnya. Semua korban di bawa ke RS Santosa Kebon Jati Bandung.

GM Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menjelaskan perusahaan sedang melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut.

“Termasuk adanya informasi empat tenaga kerja yang terluka. Peristiwa ini diperkirakan terjadi di area Cipada-Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Ahad malam, 18 Desember 2022.

Menurut Rahadian, saat ini petugas kepolisian sudah tiba di lokasi dan melakukan pengamanan. KCIC juga memastikan pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB senantiasa mengimplementasikan aspek keselamatan, keamanan, kesehatan, dan lingkungan atau safety, security, health and environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja.

Para kontraktor, kata dia, akan berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari. “KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini,” kata Rahadian.

Dalam video tersebut, terlihat ada satu gerbong kereta berwarna hijau dengan kelir putih. Di tengah gerbong tampak tulisan berbahasa Cina berwarna kuning. Kereta tersebut terlihat tergelimpang. Selain itu, ada beberapa orang yang bergiliran mendekat ke arah lintasan kereta cepat.

Video lainnya berdurasi 12 detik memuat informasi bahwa rem keret blong. “Remna blong (remnya blong).

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *