Jawa  

Mantap! Disdik Klaten Terima Penghargaan Kinerja Terbaik dari Balai Besar Penjaminan Mutu Jateng

IMG 20221214 WA0071

Klaten, Faktapers.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Yunanta menerima piagam penghargaan atas penilaian sebagai instansi dengan Kinerja Terbaik dalam memberikan pelayanan pada Unit Layanan Terpadu (Simpadu) Dikbud Jawa Tengah Tahun 2021.

Apresiasi tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, Nugraheni Trihastuti di Aula Hatta Merdeka, Kompleks Halaman BBPMP Semarang, pada tanggal 3 Desember 2022 yang lalu.

“Alhamdulillah atas kerjasama dan kekompakkan bersama, Dinas Pendidikan Klaten menerima penghargaan penyelenggaan aplikasi Simpadu. Dari 10 Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, satu diantaranya yaitu Disdik Klaten,” ujar Yunanta, Rabu (14/12/2022).

Kedepannya, ia sangat optimis untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkarakter, sesuai dengan visi dan misi Dinas Pendidikan Klaten pada Instansi yang dipimpinnya, minimal mempertahankan prestasi terlebih berjuang supaya baik dan lebih maju

“Tugas kita hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat, hasilnya tentu akan kita kembalikan kepada masyarakat yang akan memberikan penilaian apakah kita sudah baik atau belum, namun dari adanya penilaian tingkat Propinsi ini tentu kita sudah mendapat lampu hijau bahwa pelayanan yang kita berikan telah sesuai jalur yang baik,” tandasnya.

Menurut dia, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras semua stakeholder atau sinergitas dengan OPD dalam menyamakan persepsi dan keterpaduan program. Yunanta mengaku keberhasilan ini juga karena pertama mau merubah mindset.

“Kedua meningkatkan koordinasi dan bersinergi untuk saling berkolaborasi supaya bisa memberikan energi atau kekuatan dalam hal kinerja. Ketiga penilaian kinerja pelayanan yang menilai adalah masyarakat, maka kita serahkan saja ke masyarakat,” ujar dia.

Untuk pelayanan, kata Yunanta adalah keterbukaan, hal itu yang akan membawa dampak positif untuk keterpaduan pelayanan. Ia berpesan kepada jajarannya, dengan adanya prestasi tersebut harus selalu berkoordinasi keatas dan kebawah dan untuk selalu memiliki integritas dalam ucapan dan tindakan.

Untuk diketahui, BBPMP telah memiliki inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik adalah membangun aplikasi pelayanan terpadu secara online yang awalnya dikenal dengan Simpadu Dikbud Jateng dan sekarang berubah nama menjadi Lampu Sentir (Layanan Masyarakat Terpadu Secara Terintegritas).

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat khususnya masyarakat pendidikan dalam memanfaatkan semua layanan baik pengaduan, permohonan informasi maupun yang lain secara online agar lebih mudah, cepat, efektif dan efisien dan tidak perlu datang ke kantor. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *