DaerahJawa

Pemkab Klaten Gelar Rakor TPID, Bahas Langkah Strategis Pengendalian Inflasi

×

Pemkab Klaten Gelar Rakor TPID, Bahas Langkah Strategis Pengendalian Inflasi

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Klaten menggelar rakor pengendalian inflasi pangan nasional dan daerah di gedung FKIP Universitas Widya Dharma (Unwidha), Selasa (20/12/2022). Rakor ini sekaligus dilaksanakan guna menekan laju inflasi pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bupati Klaten, Much Nasir mengatakan, rakor pengendalian inflasi pangan nasional dan daerah ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden terkait dengan laju inflasi dan kemungkinan kondisi pelemahan ekonomi tahun 2023.

“Rakor ini menghadirkan para Camat, Kepala Desa serta perwakilan organisasi perangkat daerah yang terkait dengan pengendalian inflasi, narasumbernya dari DPKP, Dipermasdes, Asisten Bupati dan dari Akademisi,” katanya.

Dijelaskan, di Kabupaten Klaten sendiri TPID sudah melakukan 6 langkah strategis seperti melakukan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor untuk mengecek terkait ketersediaan bahan pokok dan perkembangan harga.

“Kami selalu membuka kerjasama dengan daerah penghasil, gerakan menanam serempak dan lainnya. Enam langkah konkrit tersebut tentu diharapkan bisa menekan laju inflasi pangan di Kabupaten Klaten,” jelasnya.

Sementara itu terkait perkembangan inflasi pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru, saat ini kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Klaten dinilai cukup. Untuk kenaikan harga memang terjadi namun dalam batas yang wajar.

“TPID terus memantau perkembangan di pasar terkait kebutuhan pokok dan perkembangan harganya, jika terjadi lonjakan harga yang diluar batas kewajaran baru akan dilakukan operasi pasar besar besaran,” ujarnya.

Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *