Berita  

Wali Kota Jakpus Buka Kegiatan Peningkatan Pemahaman Undang-Undang Bidang Politik

IMG 20221207 WA0151

Jakarta, Faktapers.id – Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka kegiatan peningkatan pemahaman Undang-Undang (UU) Bidang Politik, di Hotel Acacia, Jalan Kramat Raya, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Selasa (6/12/2022).

Peningkatan pemahaman ini diikuti para kader partai politik, FKDM, serta para camat se-Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini, Dhany mengatakan, peningkatan pemahaman terhadap UU Bidang Politik ini perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, pelaksanaan pemilu serentak 2024 ini memerlukan pemahaman dan persepsi yang sama terkait dengan proses penyelenggaraanya. Sehingga kedepannya tidak terjadi gesekan yang akan menimbulkan konflik.

“Konflik kenapa terjadi, karena kita tidak memahami standar yang baku seperti apa. Makannya standar baku itu dirumuskan dalam sebuah kebijakan yang keluarannya berupa kebijakan regulasi yaitu UU terkait dengan politik. Baik itu terkait dengan parpolnya, penyelenggaraan pemilunya maupun dalam rangka pemilihan umumnya,” ungkap Dhany.

Selain itu, Dhany juga tertekan, ketika UU yang dibuat sudah bagus, nilai etis-nya bagus, maka tinggal dilihat dari sisi praktiknya. Di mana perwujudan demokrasi yang ingin dibangun tidak menimbulkan kekacauan, maupun perpecahan NKRI. Sebab, tujuannya mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi dan golongan.

“Inilah arti penting bangsa di mana negara berada di atas segalanya, jika kita ingin situasi tetap kondusif,” jelasnya

Dhany juga menilai, politik pendidikan perlu diberikan dalam rangka mengantisipasi isu-isu terkait dengan politik identitas, politik uang, kemudian berita hoaks yang sesungguhnya berpotensi menyebabkan disintegrasi bangsa.

“Jadi saya memandang kegiatan ini cukup baik, cukup strategi, sekali lagi supaya pemahaman kita sama. Kita jadikan peraturan perundang-undangan di bidang politik jadi pedoman standar yang kita peraturani bersama,” tandasnya. Zulfatun Naim/Tjl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *