DaerahBali

Resmikan Proyek Shortcut dan Bendungan Tamblang, Perjalan Jokowi ke Buleleng Disambut Histeris

×

Resmikan Proyek Shortcut dan Bendungan Tamblang, Perjalan Jokowi ke Buleleng Disambut Histeris

Sebarkan artikel ini

Singaraja.Faktapres.id – Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo ke Buleleng selain meresmikan shortcut titik 8 Singaraja-Mengwitani yang berlokasi di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada Kamis, (2/2/2023). Juga dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti yang didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Bali, Ir. Wayan Koster dan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana.

Antusias masyarakat dari Gianyar- Singaraja menyambut kedatangan sang pemimpin negara cukup tinggi bahkan rela menunggu berjam-jam dipinggir jalan. Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Buleleng sekaligus meresmikan proyek dengan pembiayaan APBN. Menariknya memasuki jalur Gempol –Banyuning saat presiden melepar baju dari mobil warga pun rela merebutnya sampai terjatuh keaspal hanya untuk berebut tetapi tidak mengganggu perjalanan Jokowi, Terlihat seorang ibu rumah tangga terjatuh dan ditolong oleh Kadis Hub Buleleng Gede Gunawan Ap

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama rombongan menuju ke Bendungan Tamblang atau Danu Kerthi yang telah selesai pengerjaannya sejak tahun 2020. Peresmian tersebut ditandai penekanan tombol sirine dilanjutkan dengan melihat kondisi sekitar bendungan.Untuk diketahui Bendungan Danu Kerthi memiliki kapasitas daya tampung sebesar 5,1 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 29,8 hektar.

Diperkirakan bendungan ini mampu mengairi sawah seluas 588 hektar di Kecamatan Tejakula dan Kecamatan Sawan dan Kecamatan Buleleng.

Usai meresmikan bendungan, rombongan Presiden Jokowi selanjutnya menuju Pasar Anyar Singaraja. Di pasar tradisional tertua di Buleleng itu Presiden Jokowi membagi-bagikan sembako dan sejumlah uang kepada pedagang.

Ribuan masyarakat memadati titik kunjungan Presiden di sekitar Pasar Anyar.Bahkan hingga ke jalan raya menuju wilayah Buleleng Barat arah Kabupaten Jembarana. Dan disepanjang jalan yang dilalui presiden,warga Buleleng berjejer menyapa dengan berbagai tingkah.Ada yang membentangkan poster hingga mengibarkan bendera merah putih.Tak sedikit yang berteriak memanggil nama presiden yang selama dalam perjalanan tidak lelah melempar kaos kepada warga yang menyambutnya di tepi jalan.

Ada juga pemandangan menarik saat rombongan Presiden melintas di kota kecil,Seririt.Seorang ibu terlihat hysteria menyambut rombongan presiden bahkan sejak sebelum melintas.Dengan penuh sabar sembari meneteskan air mata dengan sabar duduk dipinggir jalan menunggu Presiden Jokowi tiba.

Begitu sirine tanda rombongan presiden mendekat, ibu yang mengaku bernama Noni ini semburat kepinggir jalan sembari berteriak.Dan tidak berhenti menangis setelah rombongan presiden lewat.Justru tangisannya semakin keras sambil terisak.

“Saya sangat terharu bisa melihat langsung wajah Presiden Jokowi sekalipun hanya selintas.Entah kenapa saat melihat beliau (presiden) saya menjadi sangat terharu bahkan hingga menangi tersedu,”kata Ibu Noni warga Kelurahan Seririt yang mengaku berasal dari NTT tersebut.”Saya puas bisa melihat Presiden Jokowi,”sambungnya sembari mengaku sudah cukup lama berada dipinggir jalan menanti kedatangan Jokowi.

Masih Di Kota Seririt,siswa sekolah dasar (SD) dengan rapi berbaris dipinggir jalan.Terlihat beberapa poster diusung berisi gambar karikatur Jokowi berisi tulisan ‘Selamat Datang Pak Jokowi’.

Perjalanan darat Presiden dengan menempuh ratusan kilometer tersebut membuat masyarakat penasaran hingga rela menunggu berjam-jam dipinggir jalan.

Setelah memasuki wilayah Kecamatan Gerokgak sebelum tiba di wilayah Kabupaten Jembaran,warga masih berjubel disepanjang jalan yang dilalui.Di Desa Pejarakan warga Batu Ampar malah membentangkan Spanduk terhadap kasus tanah mereka belum terselesaikan.

(ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *