Jabodetabek

Tampil di Jakarta Cap Gomeh 2023, FYBI DKI Jakarta Dendangkan ‘Tian Mi Mi’

×

Tampil di Jakarta Cap Gomeh 2023, FYBI DKI Jakarta Dendangkan ‘Tian Mi Mi’

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Persatuan Barongsai dan Liong Seluruh Indonesia (PBLSI), menggandeng Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) Provinsi DKI Jakarta untuk ikut memeriahkan perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 yang digelar di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

Dalam perayaan tersebut, FYBI Provinsi DKI Jakarta menurunkan satu unit Marching Bandnya untuk ikut kirab Cap Go Meh dengan membawakan 3 (tiga) buah lagu, diantara adalah lagu Mandarin ‘Tian Mi Mi’, Maju Tak Gentar, dan Sirih Kuning.

Perayaan yang berlangsung meriah tersebut melibatkan 22 wihara dari lima wilayah kota DKI Jakarta yang turut memeriahkan kirab Toa Pe Kong dan berbagai kegiatan seni budaya, tari-tarian, serta kirab budaya nusantara.

Meski sempat diguyur hujan, acara Jakarta Cap Gomeh 2023 ini berjalan lancar. Kirab diawali oleh parade Marching Band FYBI Provinsi DKI Jakarta yang kemudian diikuti atraksi Liong dan puluhan joli atau tandu satu per satu keluar dari halaman Sekolah Ricci menuju Pancoran Chinatown Point.

Masyarakat tumpah ruah menyambut dengan berswafoto, bersorak dan tepuk tangan di pinggir jalan di mana kirab tersebut digelar.

Ketua Pelaksana Jakarta Cap Go Meh 2023 Andre Hutama mengatakan, Jakarta Cap Go Meh 2023 ini melibatkan berbagai kegiatan seni budaya, tari-tarian, serta kirab budaya yang dilengkapi dengan pertunjukan barongsai, naga, hingga ondel-ondel.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat Iin Mutmainah mengajak warga untuk tertib dalam turut serta memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2023 dengan suasana silaturahmi yang telah terbangun sejak lama di kawasan Glodok, Tamansari.

“Perayaan ini juga menunjukkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda, tetapi tetap satu,” kata Iin.

Senada dengan Iin, Ketua FYBI Provinsi DKI Jakarta, Fanny F. S Alambai menyambut baik undangan dari PBLSI. Sebab menurutnya, perayaan Cap Go Meh dapat memperkuat toleransi antarumat beragama, khususnya di Jakarta. Sehingga pihaknya antusias dengan menurunkan sebanyak 30 personil pada kirab Cap Go Meh tersebut.

“Salut dengan kemeriahan Cap Go Meh 2023 serta teman-teman FYBI yang tampil dan official yang hadir hari ini. Dari panas, hujan-hujanan, juga ada yang sedang sakit, tetap tampil. Maju terus pantang mundur. Terima kasih sudah berjuang bersama FYBI,” pungkas Fanny Alambai.

Sebagai info, rangkaian akhir dari Tahun Baru Imlek ini memang biasanya digelar pada hari ke-15 seusai perayaan Tahun Baru Imlek.

(HW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *