NasionalPendidikan

Diserahkan Presiden Jokowi, Wali Kota Jakbar Terima Penghargaan dari PGRI

×

Diserahkan Presiden Jokowi, Wali Kota Jakbar Terima Penghargaan dari PGRI

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menerima penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penerimaan penghargaan itu disaksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Alhamdulillah, Jakarta Barat mendapatkan penghargaan dari Pengurus Besar PGRI terkait dengan kependidikan dan diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kami atas nama Pemerintah Kota Jakarta Barat mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan,” kata Uus Kuswanto yang didampingi Kepala Sudis Pendidikan Jakarta Barat, Junaedi, usai menghadiri peringatan Hari Guru Nasional di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/11/2023).

PPUus mengatakan, penghargaan ini bisa menjadi momentum serta motivasi para tenaga pengajar atau guru untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta Barat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Melalui penghargaan ini, lanjut Uus, mutu pendidikan di wilayah Jakarta Barat diharapkan semakin meningkat.

“Mudah-mudahan ke depan pendidikan di Jakarta Barat meningkat dan semakin baik untuk generasi yang akan datang. Sebagaimana yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo dimana untuk memanfaatkan peluang Indonesia emas tahun 2030-2040, peluang ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar. Tidak hanya negara berkembang, tapi juga negara maju seperti halnya negara-negara maju lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, turut mengucapkan selamat Hari Guru Nasional.

“Kepada seluruh tenaga pendidikan dan pengajar di seluruh wilayah Jakarta Barat, saya ucapkan selamat atas peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023. Semoga guru-guru yang ada menjadi guru dambaan bagi warga Jakarta Barat. Saya turut mendoakan guru di Jakarta Barat semakin maju dan semakin sukses, sekaligus bisa membawa dunia pendidikan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Tak hanya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Mendikbudristek, Nadiem Makarim, juga hadir pada peringatan Hari Guru Nasional yang berlangsung di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu.

Hadur pula Menko PMK Muhadjhir Effendy bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono,

Dalam sambutannya, Presiden RI Jokowi mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI ke-78.

“Pertama-tama kepada keluarga PGRI selamat hari ultah PGRI ke 78 dan selamat hari guru nasional. Atas nama pemerintah, atas nama rakyat kami ucapkan terima kasih dalam mendidik kita semua, menjadi guru itu bukan pekerjaan yang ringan,” tuturnya.

Untuk itu, Jokowi meminta agar para guru cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman, khususnya teknologi.

Dalam suatu riset, lanjut Jokowi, menunjukkan pekerjaan guru memiliki beban berat dibanding pekerjaan lainnya. Tapi, presiden berseloroh hasil riset itu tidak terbukti di PGRI.

“Tapi saya lihat seluruh anggota PGRI ini ceria semua, artinya lembaga riset ini bukan di Indonesia. Ini lembaga riset internasional,” ujarnya.

Peringatan Hari Guru Nasional ini diisi dengan pemberian penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar PGRI.

Anugerah ini diberikan kepada kepala daerah yang punya kepedulian dan komitmen tinggi kepada pendidikan dan kesejahteraan guru.

Anugerah Dwija Praja diberikan kepada Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Bupati Goa, Adnan Purichta Ichsan, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan,  Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Wali Kota Tarakan, Khairul, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo,  dan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

(Ibeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *