JabodetabekPendidikan

Hari Disabilitas Internasional 2023, BMCI Pukau Ribuan Penyandang Disabilitas di Dufan Ancol

×

Hari Disabilitas Internasional 2023, BMCI Pukau Ribuan Penyandang Disabilitas di Dufan Ancol

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2023, Tievel Unity Indonesia Foundation (TUIF) diundang Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta untuk mengisi acara yang digagas oleh Dinas Sosial DKI Jakarta di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Jakarta Utara, Kamis, (7/12/2023).

Di hari peringatan Penyandang Disabilitas Internasional itu, penampilan Blind Marching Corps Indonesia (BMCI) memukau ribuan para penyandang disabilitas dengan mendendangkan 5 buah lagu sambil memainkan sejumlah alat musik.

Penampilan gemilang BMCI binaan Tievel Unity Indonesia Foundation (TUIF) ini menjadi momen pembuktian sekaligus untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu disabilitas dan memobilisasi dukungan terhadap martabat, hak-hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas. Karena, dahulu penyandang disabilitas kerap berada pada posisi yang tidak dianggap dan mengakibatkan mereka sering mendapatkan diskriminasi.

Ketua Umum TUIF, Fanny Fatriani Syarifudin Alambai mengatakan, yayasan TUIF yang dipimpinnya memiliki komitmen pada pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk berkreasi, berkarya dan berprestasi.

“Seorang difabel bukanlah tidak mampu, melainkan hanya terbatas dalam melakukan aktivitas tertentu. Semoga momentum hari Disabilitas Internasional ini menjadi ajang besar untuk masyarakat dunia untuk mengingat dan menyadari keberadaan penyandang disabilitas. Sehingga mereka mendapatkan ruang dalam kehidupan secara setara dan merata,” tutur Fanny.

Sebagai info, seluruh anggota pemain BMCI merupakan kaum disabilitas Tunanetra.

“Sepertinya mereka memiliki kelebihannya sendiri. Mereka lebih cepat menagkap materi dalam latihan. Dalam 1 hari, mereka bisa memaibkan 1 buah lagu baru,” imbuh Fanny Alambai.

Fanny berharap momentum peringatan Hari Disabilitas Internasional ini bisa konsisten diselelenggarakan setiap tahunnya.

“Terima kasih atas kerjasama Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Semoga bisa meningkatkan manfaat yang dapat dari kolaborasi dan integrasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan sosial, ekonomi dan budaya,” pungkas Fanny.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial DKI Premi Lasari mengatakan ada sebanyak 28 organisasi penyandang disabilitas serta panti-panti sosial milik pemerintah maupun swasta di Ibu Kota yang menghadiri acara tersebut.

“1.500 orang terdiri dari penyandang disabilitas dan para pendampingnya milik swasta dan pemerintah,” papar Premi Lestari.

Sementara itu, dalam sambutannya Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan suka citanya dalam memperingati Hari Disabilitas.

“Pertama saya ucapkan terima kasih atas segala dukungan, kita juga memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2023,” kata Heru.

Pada peringatan Hari Disabilitas Tahun 2023 bertema ‘Bersatu Dalam Aksi Mencapai SDGs (Sustainable Development Goals) Untuk Dengan Oleh Penyandang Disabilitas’ tersebut, Heru Budi hadir bersama Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Angkie Yudistia.

(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *