Berita

BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor pada Bandung Barat

×

BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor pada Bandung Barat

Sebarkan artikel ini
BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor pada Bandung Barat

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak-banyaknya 11 korban hilang akibat longsor ke Wilayah Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Dari jumlah keseluruhan tersebut, 10 orang yang terdampar hilang di dalam Desa Cipongkor dan juga 1 khalayak pada Kecamatan Rongga.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan juga Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan pada waktu ini fokus dari grup tanggap darurat yang mana sudah ada dibentuk oleh Kepala Daerah Bandung Barat adalah melakukan tahapan pencarian juga pertolongan untuk orang yang terluka yang dimaksud dinyatakan hilang.

“Nah untuk individu yang terjebak hilang ini, secara total untuk Desa Cipongkor itu ada 10 individu yang terjebak hilang kemudian di Kecamatan Rongga itu ada 1 penderita hilang. Jadi total korban hilang akibat banjir lalu longsor pada Bandung Barat ini ada 11. Yang untuk 1 warga hilang dalam Kecamatan Rongga itu masih pada upaya pencarian,” ujar Aam sapaan Abdul Muhari pada Disaster News Update, Kamis (28/3/2024).

Aam menyatakan dari laporan yang tersebut didapat oleh Kepala BNPB Suharyanto pada ketika kunjungan ke lokasi bencana dari 10 warga yang digunakan dinyatakan hilang dalam Desa Cipongkor, banyaknya 4 khalayak telah lama ditemukan dan juga teridentifikasi.

“Kemudian yang dimaksud untuk Kecamatan Cipongkor per hari kemarin pukul 17.00, kebetulan Kepala BNPB kemudian Ka Pusdatinkom BNPB berkesempatan untuk datang secara langsung meninjau ke area Posko Penanganan Darurat di Desa Cibenda itu yang tersebut telah ditemukan serta telah teridentifikasi itu ada 4 orang,” kata Aam.

Keempat individu yang terjebak yang dimaksud diketahui bernama, Dicky Saputra berusia 4 tahun, Nur Fadilah berusia 8 tahun, Ibu Ada usia 50 tahun, juga Lastri berusia 33 tahun. ”Jadi untuk Cipongkor ini dari 10 orang yang terdampar yang dimaksud dilaporkan hilang di area longsor, itu masih ada 6 orang yang terluka yang dimaksud belum ditemukan,” tambahnya.

Aam menambahkan, kemarin kelompok SAR juga menemukan jasad balita tapi di luar area longsor. “Nah ini masih dijalankan identifikasi apakah satu jasad balita yang mana ditemukan kemarin itu di antaranya di 10 yang digunakan dilaporkan hilang atau orang yang terdampar yang tersebut berbeda.

”Kita harapkan regu DVI Polri hari ini sudah ada mampu menyelesaikan identifikasi satu orang yang terluka yang digunakan ditemukan kemarin. Jadi untuk Cipongkor sendiri itu masih dinyatakan oleh Posko bahwa korban hilang yang tersebut belum ditemukan itu masih 6 khalayak oleh sebab itu yang tersebut kemarin ditemukan itu pada luar ketika pencarian, dalam luar ketika pencarian yang mana terdampak longsor,” katanya.

Artikel ini disadur dari BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor di Bandung Barat