DaerahJawa

Restoran Dalem Eyang Buka di Exit Tol Jogonalan, Sajikan Masakan Khas Jawa

×

Restoran Dalem Eyang Buka di Exit Tol Jogonalan, Sajikan Masakan Khas Jawa

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Untuk membidik warga pemudik dari Jakarta yang rindu akan masakan kampung halaman, Restoran milik pengusaha ternama di Klaten, Bambang Sridaya membuka gerainya disebelah barat Exit Tol Jogonalan, tepatnya di jalan utama arah Jogja-Solo, Desa Somopuro, Jogonalan, Klaten. Restoran dengan dengan konsep masakan khas Jawa ini dinamai “Dalem Eyang”.

“Kami ingin mengembalikan rasa rindu akan kampung halaman sehingga Dalem Eyang ini tidak hanya sekadar nama saja, akan tetapi secara keseluruhan nuansa sajian dan menunya semua berasal dari kearifan lokal pedesaan,” kata GM Marketing, RM Dalem Eyang, Purwanti, Kamis (4/4/2024).

Lekat dengan citra restoran yang menyediakan makanan khas Jawa Tengah, Purwanti optimis rumah makan yang dikelolanya akan mendapatkan tempat tersendiri bagi konsumen. Alasan tersebut menurut dia, sepanjang jalan Jogja-Solo belum ada rumah makan yang menyajikan masakan khas Jawa.

“Meskipun disepanjang jalan Jogja-Solo ini ada kuliner Jawa, tetapi ditempat itu tidak membuka regular dan hanya untuk boking saja. Kalau di Dalem Eyang ini membuka regular maupun boking wisata. Kami mulai buka dari pagi pukul 06.30 WIB dan rencana kedepan buka full 24 jam,” kata dia.

Purwanti mengatakan bahwa potensi pasar penjualan masakan Khas Jawa di Jakarta sangat tinggi. Dia optimistis terhadap kuantitas pembeli terutama warga Klaten yang merantau akan merespon positif masakan daerah asal. Mengingat lokasi gerai yang menurutnya, cukup strategis, ini akan berpengaruh pada peluang market di pasaran.

“Dalam bisnis kuliner ini berkonsep kearifan lokal, jadi semua bahan masakan diambil dari hasil tanaman pertanian sekitar. Ini artinya, dampak positif hasil pertanian akan terangkat sehingga hasil komoditas tani akan mengangkat pula perekonomian warga,” ungkapnya.

Tren masyarakat Indonesia yang saat ini lebih banyak menyukai masakan Nusantara karena dinilai higienis, sehat dan tanpa bahan pengawet. Purwanti meyakini industri tersebut akan selalu berkembang, terlebih dengan kehadiran media sosial di tengah masyarakat dengan terus membuat konten kuliner dan masalan legendaris daerah.

Untuk diketahui, rumah makan Dalem Eyang baru dibuka hari ini, Kamis (4/4/2024) menempati areal lahan seluas 2000 meter persegi dilengkapi lahan parkir yang cukup luas, tempat ibadah dan lainnya. Restoran ini berada tepat disebelah barat exit tol Desa Somopuro, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

(Madi)