DaerahJawa

Pulang Kampung, Warga Perantauan Gelar Halal bi Halal di Pendopo Klaten

×

Pulang Kampung, Warga Perantauan Gelar Halal bi Halal di Pendopo Klaten

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Sekitar 100 orang perantau di Jakarta asal Kabupaten Klaten Jawa Tengah, mendatangi Pendopo Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Klaten, Jl Pemuda No.294, Desa Tegalyoso, Klaten Selatan, pada Sabtu (13/4/2024).

Kedatangan mereka dalam rangka untuk menghadiri acara silaturahmi Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H. Ratusan orang itu berasal dari komunitas yang tergabung dalam organisasi Paguyuban Warga Klaten (PWK).

Ketua PWK, Supriyadi mengatakan, kegiatan ini merupakan momen penting untuk mempererat hubungan antara sesama anggota dan memperkuat kebersamaan dalam menjaga warisan budaya yang ada di Klaten.

“Target kedepan dalam rangka sinergi dengan Pemkab Klaten, kami anggota PWK siap untuk mendukung, memasarkan dan membuat produk Klaten Go Internasional, semoga kerjasama ini berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Supriyanto menjelaskan, dalam perkembangannya PWK sudah mempunyai jaringan di 17 propinsi. Ia berharap dalam acara ketemuan ini warga perantauan bisa saling kenal dan rukun gotong royong membangun Klaten.

“Awalnya perkumpulan ini bernama Coklat (Cowok Klaten), kemudian bertransformasi menjadi PWK, dan secara akta paguyuban ini berdiri pada tahun 2015. Saat awal terbentuk hanya sebatas saling berkomunikasi antar warga Klaten diperantauan wilayah Jabodetabek,” terangnya.

Menurut dia, perkembangan anggota hingga saat ini sudah mencapai 15.000 anggota yang merupakan warga Klaten dan jumlah itu termasuk anggota PWK diwilayah lain yang sudah terbentuk di 17 propinsi dan rencana melebar hingga 25 propinsi.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya mengapresiasi PWK dalam upaya terus melestarikan dan mempromosikan produk serta seni budaya Klaten. Untuk itu, ia berharap PWK dapat meningkatkan perekonomian tanah kelahirannya.

Bakal calon Bupati Klaten dari Partai Golkar itu mengatakan, PWK terus tumbuh dan berkembang menjadi wadah yang inklusif, menghimpun anggota dari berbagai latar belakang, usia dan profesi.

Untuk itu, Yoga Hardaya mengucapkan terima kasih serta berharap pemerintah dan paguyuban warga Klaten di perantauan ini dapat terus bersinergi dengan pemerintah membawa nama Klaten yang semakin keren.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh anggota PWK yang telah banyak ikut andil mempromosikan produk UMKM dan kebudayaan Klaten, semoga dengan keterlibatan PWK akan memperkuat ikatan dalam mengembangkan potensi kita bersama,” tutupnya.

(Madi)