DaerahJawa

Pengunjung Pasar Gedhe Klaten Naik 30 Persen Selama Lebaran

×

Pengunjung Pasar Gedhe Klaten Naik 30 Persen Selama Lebaran

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Lebaran menjadi momentum untuk meningkatkan pelayanan dan sekaligus meningkatkan pendapatan para pedagang di Pasar Gedhe Klaten, lantaran selama hari raya pengunjung di pasar tersebut cukup tinggi.

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) memproyeksikan kenaikan pengunjung di pasar gedhe itu mencapai 20-30 persen dibandingkan kedatangan pengunjung reguler pada setiap bulan sebelum lebaran.

Penjelasan itu diungkapkan Kepala DKUKMP Kabupaten Klaten, Anang Widyatmoko, kepada sejumlah awak media, diruang kerjanya, Kamis (18/4/2024). Pihaknya mengungkapkan libur selama sembilan hari itu meningkatkan daya beli, karena para pemudik pulang kampung.

Dia menyampaikan ramainya pengunjung pasar gedhe dipengaruhi oleh pemudik sekitar 23 persen, untuk itu sebelum lebaran tiba para pedagang sudah menyiapkan stok barang sehingga pada hari raya stok aman dan pasokan melebihi permintaan.

“Jumlah pengunjung ada tren kenaikan. Hal itu disebabkan beberapa faktor diantaranya harga komoditi tidak ada kenaikan, justru harga minyak goreng mengalami penurunan. Gas LPG 3 kg sempat mengalami hambatan pasokan, kemudian 2 hari setelah itu normal kembali,” ujarnya.

(Madi)