DaerahKalimantan

Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Melawi Gelar Pertemuan Dengan PT BNB, Agenda Pemeriksaan Formulir

×

Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Melawi Gelar Pertemuan Dengan PT BNB, Agenda Pemeriksaan Formulir

Sebarkan artikel ini

Melawi, faktapers.id – Agenda pemeriksaan formulir PT Borneo Nusantara berjaya dengan luar areal 1481,23 ha terletak yang terletak di Desa Engkurai dan Merpak Kecamatan Pinoh Utara.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Melawi, Rima Paramita berharap dengan kehadiran perusahaan bisa mengembangkan kesejahteraan masyarakat melalui rekrutmen tenaga kerja, ketersedian air di dua desa,  agar bisa menjadi prioritas utama dan bisa diperhatikan, kesehatan infra struktur juga mohon diperhatikan.

Hal sama diutarakan Asisten.2 Pemerintah Kabupaten Melawi DR Beni Robin, mengharapkan agar perusahaan harus memperhatikan dan bisa menjadi catatan khusus jangan sampai ada permasalahan setelah perusahaan beroperasi.

“Saya minta luas lahan yang sudah disampaikan seluas 1481,23 ha itu dipastikan jangan sampai ada kalimat kurang lebih. Karena kalimat tersebut terkesan membuat celah mengurangi dan melebihi areal yang sudah ditetapkan. Juga rekrutmen tenaga kerja mohon diprioritaskan warga setempat yang memenuhi persaratannya. infrastruktur jalan dan jembatan mohon pihak perusahaan Melalui CSR,” ujarnya.

“Jangan sampai CSR hanya menjadi senjata saja tapi jadikanlah sebagai wadah untuk kesejahteraan dan kenyamanan bagi Warga setempat.”pungkasnya.

Perwakilan PT. Borneo Nusantara berjaya Slamet Widodo menyampaikan, bahwa rekrutmen tenaga kerja menjadi prioritas untuk wilayah kerja sesuai batas usia dan kemampuan warga setempat. Dan juga plasma 20% menjadi hak masyarakat akan dibangun setelah 3 tahun kebun perusahaan berdiri.

“Sehingga target 11 tahun sudah kembali modal bagi plasma.terkait CSR! akan dilakukan koordinasi sesuai dengan kebutuhan agar bermanfaat bagi warga setempat,” terang Slamet.

Sedangkan Kades Engkurai Abang Sukardi mempertanyakan kapan diserahkan dan berapa usia produktif plasma dan berapakah lama perusahaan sudah dibangun baru plasma diserahkan kepada warga ?

Menurutnya sering terjadi dimana-mana plasma diserahkan yang paling ujung areal dan terkesan jalannya sudah tidak bisa digunakan.

Begitu juga Kades Merpak mengutarakan, bahwa Kesehatan dan pendidikan di desanya sangat memprihatinkan, jarak tempuh ke sekolah 8 – 9 km. Ia mencontohkan  Dusun Laman Datar ke sekolah induk sejahu 8 km, dengan kondisi jalan yang begitu parah.

“Disisi lain tenaga kesehatan yang ditugaskan di desa kami tidak pernah bertahan 1 tahun dengan kondisi jalan hancur. Maka kami berharap kehadiran PT Borneo Nusantara berjaya bisa menjawab kesulitan yang kami alami selama ini,” tandasnya.

Terpisah, Mukmin selaku  Humas PT Borneo Nusantara Berjaya saat ditemui media ini mengatakan, bahwa beliau intent melakukan pertemuan dan berkomunikasi dengan warga dua desa walaupun hanya melalui silaturrahmi semoga apa yang menjadi keraguan warga bisa kita tampung dan sampaikan kepada pihak manajemen perusahaan begitu juga sebaliknya.”imbuhnya.

(Skn)