DaerahInfrastrukturJawa

Penanganan Bencana Longsor di Kampung Tugu Di Dua Desa,  Warga Sindang Jaya dan Cilanggari  Membenahi Jalan Dengan Alat Seadanya

×

Penanganan Bencana Longsor di Kampung Tugu Di Dua Desa,  Warga Sindang Jaya dan Cilanggari  Membenahi Jalan Dengan Alat Seadanya

Sebarkan artikel ini
Oplus_0

Bandung Barat, faktapers.id – Terjadi bencana longsor memutus jalan utama Bandung Barat-Cianjur tepatnya di Kampung Tugu, RW 01 RT 05 Desa Cilanggari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada minggu lalu.

Hal lainnya, akibat bencana ini, mobilitas warga menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor tak bisa melewati jalur ini.

Longsor menggerus habis kontruksi jalan sepanjang 100 meter. Bukan hanya aspal, bongkahan tanah, batu, dan sejumlah pohon besar ikut terbawa longsor. Jalan milik Pemda Bandung Barat ini berada di dua desa yakni Cilanggari dan Sindangjaya.

Akan tetapi, karena lambatnya penanganan,bencana longsor di kampung tugu,yang masuk dalam dua desa,desa Sindang jaya serta desa cilanggari,kecamatan gunung halu, yang dilakukan pemerintah bandung barat,  membuat masyarakat resah dan kesulitan dalam.aktifitasnya.

Bahkan sampai detik ini blm ada tampak alat berat yang turun,maka inisiatif warga  Kampung Tugu, RW.01,RT.05.Desa Cilanggari,  Kecamatan Gunung Halu membenahi jalan dengan alat seadanya supaya jalan propinsi yang menghubungkan bandung cianjur dapat dilalui roda 4, agar perekonomian warga serta anak-anak sekolah tidak terganggu.

Peristiwa longsor terjadi Selasa dini hari sekira pukul 03:00 WIB. Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi sangat panjang. Ditambah kontur tanah labil dengan kemiringan cukup curam, sehingga saat diterjang air hujan langsung ambrol.

(“/uaa)