Ingin Kenal TNI AL Lebih Dalam, Ratusan Siswa SD Nuansa Kunjungi Kolinlamil

×

Ingin Kenal TNI AL Lebih Dalam, Ratusan Siswa SD Nuansa Kunjungi Kolinlamil

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Ratusan pelajar sekolah dasar dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Citra Nuansa Cileungsi, Bogor melakukan kunjungan ( _study tour_) ke Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tanjung Kambani 971 di Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (22/10). Kedatangan para pelajar tersebut diterima Komandan KRI Tanjung Kambani 971 Letkol Laut (P) Masrurun, S.E., M.Tr (Hanla) bersama dengan para awak KRI dan Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil.

Asisten Potensi Maritim Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi menjelaskan, bahwa Kolinlamil dibawah kepemimpinan Panglima Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. terus meningkatkan perannya dalam melayani masyarakat khususnya para pelajar dari berbagai lapisan untuk berkunjung ke Kolinlamil.

Hal ini merupakan salah satu bidang tugas dari Staf Potensi Maritim dalam pembinaan wilayah pertahanan khususnya pembinaan generasi muda sebagai sumber daya manusia yang perlu dibina agar memiliki kecerdasan dan jiwa nasionalisme untuk membangun bangsa dan negara.

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar SDIT Citra Nuansa yang berjumlah 119 orang mengawali kegiatannya di Mako Kolinlamil.

Saat berada di Mako Kolinlamil para siswa memperoleh penjelasan informasi tentang Kolinlamil, profil dan tugas pokok Kolinlamil dari Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil yang mengawaki kunjungan pelajar sebagai bagian dari tugas Spotmar kolinlamil.

Selanjutnya, para siswa mengunjungi Tanjung Kambani 971, dan menerima penjelasan tentang sejarah Tanjung Kambani 971, peraturan dinas dalam di kapal perang, pengenalan anjungan kapal, haluan serta lounge room perwira dan melihat dari dekat persenjataan tempur yang dimiliki KRI Tanjung Kambani 971.

“Kunjungan ini merupakan salah satu program sekolah dalam rangka outing pelajaran PPKN tentang kedaulatan negara dan melihat kehidupan prajurit TNI AL di Kolinlamil serta menanamkan rasa cinta tanah air. Disamping itu, untuk mengenal lebih dekat peralatan sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI AL khususnya Kolinlamil. Pada umumnya merupakan pengalaman baru bagi para anak didik,” ujar A. Ramdani pimpinan rombongan SDIT Citra Nuansa.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan para pelajar tentang TNI Angkatan Laut, Kolinlamil dan mengenal Kapal Perang TNI AL guna memupuk cinta kebaharian sejak usia dini. Study tour diakhiri dengan berkeliling di KRI Tanjung Kambani dan berfoto bersama.(han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *