Tingkatkan Kapasitas Lulusan, Teknik Industri FTI-UMI Adakan Kuliah Umum

×

Tingkatkan Kapasitas Lulusan, Teknik Industri FTI-UMI Adakan Kuliah Umum

Sebarkan artikel ini

Makassar, faktapers.id – Business Intellegence merupakan kunci sukses bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya di era industri 4.0. Sebab melalui big data Business Intellegence dapat diketahui produk apa saja yang sedang laris dan tidak laku.

Hadir sebagai narasumber Winda Nur Cahyo., S,T., M.T., Ph.D mengatakan Industri 4.0 basisnya data. Namun banyak perusahaan Indonesia belum terlalu aware terhadap pentingnya data.

“Data masih tersebar di mana-mana dan tidak dikumpulkan. Data penjualan masih ditulis pada kertas,” kata Winda, yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Padahal data base, kata Winda, sangat menentukan arah kemajuan perusahaan ke depan. Data tersebut dapat memberikan informasi tentang produk apa yang paling bagus, penjualan produk apa yang naik dan sebagainya.

“Kalau mereka tahu produk apa saja yang naik, perusahaan akan memperkuat produk-produk tersebut. Kalau ada produk yang lemah, mereka bisa memperbaiki kualitas sehingga bisa naik kembali,” kata Pakar Manajemen Aset tersebut.

Menurut Winda, perusahaan internasional sudah menggunakan data business intellegence. “Melalui data, mereka bisa mendapatkan informasi yang sangat penting. Kalau kita tidak menggunakan data kita akan terus kalah,” ujarnya.

Mengutip hasil riset Gartner, di tahun 2025 nanti, 80 persen perusahaan tak akan lagi menggunakan data center sendiri. Mereka akan menggunakan Business Intelligence.

“Penggunaan Business Intelligence memberikan keuntungan diantaranya dapat meningkatkan profit, menurunkan biaya, peningkatan pemasaran, mempermudah pengambilan keputusan,” kata Winda.

Kuliah Umum di Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI), dilaksanakan di Aula Ir. Liorang Lologau, MT FTI-UMI (24//10/2019).

Selain bertujuan membuka wawasan keilmuan yang aplikatif bagi mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan praktis secara komprehensif yang berimbang ujar Sekertari Jurusan Teknik Industri Ir.Ahmad Fadhil., ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng. Acara ini di hadiri sekitar 70 orang mahasiswa jurusan Teknik Industri.(anchank)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *