Headline

Universitas Amikom Yogyakarta Raih Bintang Tiga QS Star dan Bintang Lima dalam Employability QS Star

×

Universitas Amikom Yogyakarta Raih Bintang Tiga QS Star dan Bintang Lima dalam Employability QS Star

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih bintang tiga QS star dan bintang lima dalam Employability QS Star. Hal tersebut dikarenakan lulusan Amikom banyak terserap di dunia profesional dan bisnis. Untuk diketahui, QS Stars merupakan lembaga internasional yang melakukan dan memberikan peringkat pemeringkatan universitas di seluruh dunia.

Keberhasilan Universitas Amikom Yogyakarta terdiri atas teaching (3 bintang), employability (5 bintang), academic development (4 bintang), facilities (4 bintang), innovation (3 bintang), arts & culture (3 bintang), dan program strength: informatics (3 bintang). Sedangkan pada kategori employability Universitas Amikom Yogyakarta mendapatkan bintang 5 dari QS Stars.

Pada kesempatan itu E Way Chong, Direktur QS Asia Tenggara, menyerahkan langsung penghargaan tersebut secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Ferry Wahyu Wibowo, Ketua Team Task Force QS Star menjelaskan bagaimana proses mendapatkan penghargaan itu. Awalnya Amikom berkirim pesan langsung dengan Direktur QS Asia Tenggara, E Way Chong dan mendapat jawaban melalui email dari QS pusat untuk jadwal pengiriman dokumen QS agar bisa muncul di tahun 2020 dan waktunya hanya tingga 1,5 bulan untuk persiapan dokumen.

Amikom segara melakukan koordinasi dengan banyak pihak guna mengumpulkan data yang diperlukan dan meski di tengan pandemi corona dan work from home (WFH_ tidak sampai 1,5 bulan semua dokumen berhasil dikumpulkan dan dikirimkan.

“Kita menggunakan instrumen metodologi QS versi 5, ini versi yang terakhir. Dimungkinkan akan berubah lagi metodologi untuk QS. Hal yang menggembirakan civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta tentu dalam kategori employability mendapat bintang lima dari QS,” papar Ferry Wahyu Wibowo, Jumat (7/7/2020).

Namun akhirnya, hasil evaluasi mengumumkan Universitas Amikom Yogyakarta mendapat bintang tiga dari QS dengan rating bintang maksimal lima. Penilaian terdiri dari teaching (3), employability (5), academic development (4). Lalu, facilities (4), innovation (3), arts and culture (3) dan program strength (3). Gambaran tersebut menunjukkan bahwa alumnus Amikom yang mendapatkan pekerjaan/wirausaha setelah lulus sangat tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. M Suyanto menyampaikan rasa optimismenya bagi Amikom dimasa mendatang. Bahkan dia mengatakan tidak membayangkan bahwa Amikom dapat meraih 3 bintang.

Menurut Suyanto, pencapaian tersebut sejajar dengan beberapa perguruan tinggi negeri yang juga mendapat 3 bintang.

“Ini pencapain yang luar biasa karena ini merupakan langkah awal dari visi Amikom menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif berbasis kewirausahaan yang menebar kebajikan. Kami bersyukur atas raihan ini. Sehingga optimis dapat mewujudkan Universitas Amikom Yogyakarta sebagai perguruan tinggi unggul,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan pengembangan, Dr Arief Setyanto mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan awal yang baik untuk mulai meningkatkan prestasi Amikom di masa yang akan datang.

“Pencapaian hari ini merupakan awal dari peningkatan terus-menerus menuju Amikom yang semakin baik di masa depan. Asesmen dari QS memberikan guidance bagi Amikom untuk memperbaiki kekurangannya dan meningkatkan keunggulannya secara konsisten dan persisten,” pungkasnya. Herry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *