Headline

Bupati Karna Sobahi Serahkan 1.050 Penerima Program Air Bersih Kepada MBR

×

Bupati Karna Sobahi Serahkan 1.050 Penerima Program Air Bersih Kepada MBR

Sebarkan artikel ini

Majalengka,faktapers.id-Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi,M.M.Pd melaunching hibah air minum gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagai salah satu kebijakan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Majalengka terhadap masyarakat melalui PDAM Kab. Majalengka di Desa Panyingkiran Kec.Jatitujuh Kab Majalengka,selasa (10/11/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asda 2, Staf Ahli Bupati, Dirut PDAM Kabupaten Majalengka beserta jajarannya, Kadis PUTR, Kadis Rumkimtan, unsur Muspika Kecamatan Jatitujuh hadir pada kesempatan tersebut Camat Jatitujuh, Kapolsek, Danramil, Para Kepala Desa, serta warga masyarakat penerima bantuan program Hibah Air Minum.

Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa program yang akan dilaunching ini merupakan salah satu kebijakan Pemda Majalengka dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat, hibah air minum ini diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR), adapun sumbernya berasal dari Dana APBD. Di tahun 2020 ini Pemkab Majalengka akan menghibahkan air minum bersih sebanyak 1.050 penerima dan di fokuskan program tahun ini untuk masyarakat Majalengka di wilayah Utara. Adapun jumlah penerima bantuan program Launching program Hibah Air Bersih untuk MBR yang disalurkan di Kecamatan Jatitujuh diantaranya yakni Desa Panyingkiran,Desa Biyawak,Desa Babajurang Desa Panongan dan Desa Pasindangan.

“Pemberian Hibah air minum untuk MBR tersebut merupakan salah satu kebijakan Bupati melalui PDAM dengan teknis biaya pemasangan awal gratis bagi MBR akan tetapi untuk pembiayaan bulanannya masyarakat tetap diwajibkan untuk membayar, besar kecilnya tagihan itu disesuaikan dengan pemakaian ataupun penggunaan masyarakat itu sendiri terhadap air Pam tersebut,”ungkap Bupati.

“Program Hibah Air Minum gratis yang dicetuskan Pemda Majalengka ini merupakan satu-satunya program di Jawa Barat dari Kab/Kota yang lainnya itu tidak ada yang gratis, maka dari itu kita patut bersyukur atas apa yang sudah dijalankan ini, selain itu saya menghimbau bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang mendapatkan bantuan program ini agar dalam penggunaan air bersih ini harus efektif dan efisien mungkin jangan dipake untuk kegiatan cuma-cuma, gunakanlah untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci, minum dan mandi,” Pungkas Bupati.

Sementara Kades Panyingkiran, Cecep Kosasih mengapresiasi program Hibah Air Minum yang digagas bupati ini, karena sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Ia menyebutkan, di Desa Panyingkiran terdapat 104 Kepala Keluarga (KK) dan tahun kemarin 105 KK yang mendapatkan bantuan air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Kades pun berharap, di tahun mendatang ke depan masih ada program serupa sehingga akan mendaftarkan kembali masyarakatnya yang belum terkaver.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Majalengka. Dengan adanya program Hibah Air Minum untuk masyarakat berpenghasilan rendah secara gratis ini dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat akan air bersih,” ucapnya. Lintong Situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *