Panglima Kolinlamil Bersama Kowal Ikuti Peringatan HUT Kowal Ke-58 Secara Virtual 

×

Panglima Kolinlamil Bersama Kowal Ikuti Peringatan HUT Kowal Ke-58 Secara Virtual 

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah, SH., CHRMP, M.Tr (Opsla) yang didampingi Ketua PG Jalasenasatri Kolinlamil Ny. Yuanita Irvansyah bersama jajaran Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Kolinlamil mengikuti upacara peringatan HUT Kowal ke-58 secara virtual dari Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (5/1).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. selaku Inspektur Upacara memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) tahun 2021 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam peringatan di Kolinlamil, Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil Ny. Yuanita Irvansyah yang juga sebagai Ibu Catra Ratnanggadi  Kolinlamil yang menyampaikan amanat Ibu Ketua umum PP Jalasenastri yang juga sebagai Ibu Catra Ratnanggadi mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Kowal ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena dalam usianya yang ke-58 tahun, Kowal mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara serta menjadi momentum evaluasi dan introspeksi diri dalam upaya meningkatkan kinerjanya ke depan.

“Korps Wanita Angkatan Laut itu wanita, tetapi militer. Kowal itu militer tetapi tetap wanita. Sebagai prajurit wanita hendaknya para kowal mampu menempatkan diri kapan harus bersikap sebagai prajurit, dan kapan harus bersikap sebagai wanita atau ibu dirumah” ujar Ketua PG Jalasensatri Kolinlamil menyampaikan amanat ketum PP Jalasenastri.

Sebagai seorang prajurit wanita, kowal harus tangguh, berwawasan luas dan tidak gampang menyerah dalam penugasan. Menjadi seorang prajurit adalah pilihan para Kowal sekalian, jadi pilihan tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan penuh kesadaran dan kedewasaan.

Kowal juga harus menjadi mitra sejajar dengan prajurit pria. “Hak dan kewajibannya sama disesuaikan dengan strata kepangkatan masing-masing. Istilah kesetaraan gender kurang lebih berarti Kowal berhak menduduki suatu jabatan tertentu di TNI AL namun dengan kemampuan dan kualitas yang mumpuni” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, isteri dari orang nomor satu di Kolinlamil ini juga menyampaikan pesan Ny. Vero Yudo Margono agar kowal menjaga nama baik diri, keluarga dan TNI AL. “Berhati-hatilah dalam pergaulan, agar tidak terpancing dengan hal-hal yang melanggar aturan dan kaidah yang berlaku seperti, gaya hidup hedonis, penyalahgunaan narkoba, LGBT dan hal negative lainnya.

Selain itu dalam era media sosial seperti sekarang ini, hendaknya bijak dalam media sosial.

“Hati-hati dalam bermedia sosial, perhatikan etika dan tata karma. Waspadai menshare foto atau gambar yang dapat memberi dampak negative dan dapat menimbulkan pencemaran nama baik bagi diri, keluarga maupun TNI AL” tandasnya.

Tidak hanya itu Kasal juga menyampaikan, sebagai seorang prajurit matra laut, Kowal dituntut harus menunjukkan profesionalisme dan kapasitasnya yang seringkali melampaui kodratnya sebagai seorang wanita. Kegigihan dan ketabahan para prajurit kowal dalam menghadapi tantangan kehidupan ini terletak pada semangat dan kekuatan jiwa mereka. Semangat tersebut sangat sesuai dengan tema HUT Kowal tahun ini yaitu “Memantapkan Jati Diri sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dan Memberikan Pengabdian Terbaik”.

Usai mengikuti acara peringatan HUT Kowal secara virtual, juga digelar acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ny. Yuanita Irvansyah yang diberikan kepadaperwira tertua Kowal Kolinlamil Letkol Laut (S/W) Puji Wilastari. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *