Headline

Bak Air Bersih Milik Desa Kayuputih dilahan Pribadi, Pajak Dibebankan ke Pemilik, Desa Mediasi

×

Bak Air Bersih Milik Desa Kayuputih dilahan Pribadi, Pajak Dibebankan ke Pemilik, Desa Mediasi

Sebarkan artikel ini

Singaraja,Faktapers.id- Midiasi permasalahan Bak reserfoar yang ada dilahan milik pribadi. Keberatan Bak dilahannya yang digunakan sebagai bak reserfoar dari pihak pemdes selama ini malah pembayaran pajak dibebankan ke pemilik Kadek Sukanaya, Banjar Dinas Taman Desa Kayuputih Banjar Buleleng.

Dengan hasil kordinasi, pihak pemdes membuatkan surat pernyataan atas kerelaan pemilik dan selanjutnya pembangunan dilaksanakan serta hasilnya sampai saat ini telah dinikmati oleh penduduk desa Kayuputih.

Pemilik lahan atas pajak yang di bebebankan oleh Pemdes, namun perlu diketahui tahun 2016 pihak pemerintahan desa sangat membutuhkan lahan untuk pembangunan Bak Reserfoar guna keperluan penampungan air bersih wilayah desa Kayuputih. Dari hasil kajian pemerintahan desa lahan Kades Sukanaya, memenuhi syarat untuk dibangun Bak dan pemilik merelakan lahan tersebut digunakan kepentingan desa yang saat itu kades aktif Made Sudiarta.

Kini kades Sudiarta telah di gantikan oleh Kadek Dina Nuriani pada Pildes 31 Oktober 2021,.kejanggalan dan keberatan yang dihadapi pemilik lahan Kadek Sukanaya harus melayangkan surat atas permasalah beban pajak yang tanggungya secara pribadi.

Padahal secara penikmat Air Bak yang disalurkan kependuduk dikelola Bumdes Kayuputih. Dimana kekeliruan pemilik yang harus menanggung pajak tersebut belum lagi air tidak gratis diterima. jika bak tersebut di bongkar pemilik yang rugi masyarakat tidak mendapat air bersih.

Pemilik lahan Kadek Sukanaya melayangkan laporan ke Pemdes terkait keberadaan bak reserfoar selama ini SPPT pembayaran pajak ditanggung yang bersangkutan dan meminta agar pembayaran pajak dibebankan ke Pemdes dan pemilik juga memohon agar dia di geratiskan air bersih dari pihak Bumdes.

Mediasi yang dilaksanakan Jumat (29/3) di kantor Desa Kayuputih dihadiri Kades Kadek Dina Nuriani, Ketua BPD, Ketua LPM,Kadus Taman, Pejabat Kades lama Mades Sudiarta, Ketua team pelaksana kegiatan pembangunan reserfoar thn 2016 IB Kade Puja beserta anggota.

Kedua belah pihak antara Kades Sukanaya dan Pemdes menyepakati bahwa pemdes menerima tuntutan tersebut sebagai wujud kerjasama yang baik

Demi keamanan dan kenyamanan,
Babinsa Koramil Banjar Banjar Sertu Ida Putu Ardana dan Bhabinkamtibmas Polsek Banjar Aipda Kadek Sudila Jaya harus hadir ditengah-tengah itu,

Danramil 1609-06/Banjar Kapten Gede Oka kepada awak media atas mediasi dan keamanan desa mengatakan,”Tentu ini adalah hal yang harus diselesaikan bersama sehingga keamanan desa tetap kondusif dimasyarakat. Kita harapkan media tersebut mendapat titik terang dan ada kesepakatan yang pasti tidak saling merugikan,”ujar Kapten Gede Oka.

Begitu juga Polsek Banjar yang dikendali Kompol Gst Sudarsana pihaknya sangat berharap dengan terpilihknya Kades baru desa kondusif tanpa lagi terjadi ketegangan yang bisa merugikan kepentingan program desa.ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *