DaerahJawa

DR R Soeharto Pahlawan Asal Klaten Diresmikan Jadi Nama Jalan

×

DR R Soeharto Pahlawan Asal Klaten Diresmikan Jadi Nama Jalan

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id– Pemerintah Kabupaten Klaten telah menetapkan ruas jalan Gebyok hingga Jimbung di Klaten menjadi Jalan DR R Soeharto. Peresmian nama jalan dilakukan di Aula Kantor Kepala Desa Jimbung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani pada hari ini Jumat tanggal 27 Mei 2022.

Penamaan Jalan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan Pemerintah Klaten kepada Almarhum DR R Soeharto, Mayor Jenderal (Kehormatan) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Klaten dan Pemerintah Jawa Tengah untuk diusulkan sebagai Pahlawan Nasional atas jasa-jasa dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta tersebut didalam berbagai episode perjalanan Republik Indonesia.

Almarhum DR R Soeharto diusulkan menjadi Pahlawan Nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamienten Bond, menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II (yang melahirkan Sumpah Pemuda), perannya Pusat Tenaga Rakyat dan pertistiwa-peristizokk wa genting serta krusial.

Sebelum dan pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Bendahara, Ketua atau Wakil Ketua Fonds Kemerdekaan Indonesia, Kepala Administrasi Pusat Militer, serta pendirian berbagai institusi penting : Bank Negara Indonesia, Universitas Gadjah Mada.

Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Istri Dokter Indonesia, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia. Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia dan pembangunan proyek-proyek mercusuar dan vital : Sarinah, Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Rumah Sakit Jakarta.

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan Almarhum Bapak DR R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten,” ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Jalan yang ditetapkan dan diresmikan dengan nama Jalan DR R Soeharto tersebut terletak memanjang setelah dari Jalan Ir Soekarno (Terminal Klaten) ke arah selatan melewati RSUD Bagas Waras dan hingga jalan sepanjang menuju Kawasan Wisata Rowo Jombor.

“Terima kasih yang sebesar-besarny khususnya kepada Ibu Bupati Klaten Sri Mulyani yang sangat luar biasa perhatian dan bantuannya, bahkan pilihan jalan yang ditetapkan mencerminkan kedekatan ayahanda dengan pemimpin yang juga sahabat seperjuangan beliau, Bung Karno,” ujar Dewi Soeharto putri Almarhum DR R Soeharto.

Sementara, Dr Sri Margana dari Universitas Gajah Mada yang memimpin penyusunan Naskah Akademik Biografi DR R Soeharto mengatakan meskipun gelar kepahlawanan tidaklah sebanding dengan dedikasi dan pengorbanan jiwa raga yang dilakukan seorang tokoh.

Menurut Sri Margana, minimal dengan melestarikan, mengenang dan memplublikasikan namanya ke dalam sarana-sarana publik akan semakin mengharumkan tokoh tersebut berserta nilai kepahlawanan itu sendiri dan juga nama daerah asal.

Acara peresmian dengan acara utama doa syukur dan pembukaan selubung papan nama Jalan DR R Soeharto tersebut dihadiri oleh para perwakilan dan pimpinan kantor cabang Klaten dari organisasi-organisasi yang Almarhum DR R Soeharto dirikan, diantaranya IDI, PKBI dan BNI. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *