DaerahKalimantan

Wujudkan Komitmen PT Adau Hijau Lestari dan PT Agro Kalbar Serahkan SHU ke Koperasi Mandiri Aman Sejahtera 

×

Wujudkan Komitmen PT Adau Hijau Lestari dan PT Agro Kalbar Serahkan SHU ke Koperasi Mandiri Aman Sejahtera 

Sebarkan artikel ini

Melawi.faktapers.id – Untuk mewujudkan komitmen kepada petani plasma, PT.Agro Kalbar dan PT Adau Hijau Lestari sebagai unit usaha yang bermitra dengan Koperasi Mandiri Aman Sejahtera yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit kini telah melakukan kewajibannya untuk menyalurkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang merupakan komitmen dalam pembangunan kebun kemitraan bagi masyarakat sekitar.

Sebagai wujud komitmen dimaksud, PT Agro Kalbar dan Adau Hijau Lestari yang beroperasi di wilayah Kabupaten Melawi meliputi di 3 Kecamatan Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan. Kini pihak perusahaan telah membagikan kepada masyarakat sekitar yang lahannya telah di vrefikasi yang bekerjasama dengan Koperasi Mandiri Aman Sejahtera.

Ifar Priyono selaku manager area kemitraan plasma PT Agro Kalbar dan PT Adau Hijau Lestari setelah memperoleh kesepakatan bersama Koperasi dan petani yang di Mediasi oleh H.Dadi Sunarya UY Bupati Melawi didampingi Wakil ketua 1 DPRD kabupaten Melawi Hendegi Januardi UY, Ketua komisi lll DPRD Melawi Yordanes.S.Pd, Ritaudin.S.E.anggota DPRD Provinsi Kalbar, Hermanus Anggota DPRD kabupaten Melawi. Rabu (1/06/2022).

Setelah memiliki kesepakatan Ifar Priyono selaku perwakilan dari pihak perusahaan menyerahkan sisa hasil usaha (SHU) secara simbolis kepada Koperasi Mandiri Aman Sejahtera selaku mitra yang beranggotakan warga masyarakat dari beberapa desa ditiga kecamatan.

“Hal ini bertujuan agar kepemilikan kebun yang sudah ditentukan berdasarkan hasil prepikasi bisa berkesinambungan dari generasi ke generasi, sehingga hasil kebun tetap bisa dinikmati oleh warga secara berkelanjutan,” terangnya ya

Tambah Ifar, Berdasarkan hasil rapat pembahasan bersama pengurus Koperasi mandiri aman sejahtera, para Kepala Desa serta perwakilan dari masing masing kecamatan dan Managemen PT Agro Kalbar dan PT Adau Hijau Lestari bahwa untuk pembayaran perdana priode Januari – Juni 2022 adalah seluas 774 Ha yang sudah terveriplfikasi dengan nilai total Rp 2.202.000.000.

“Hal tersebut merupakan komitmen perusahaan terhadap petani plasma sebagai salah satu mitra,” ucapnya.

Saat diwawancarai media ini Ifar priyono selaku manager area kemitraan Plasma PT Adau Hijau Lestari dan PT Agro Kalbar berharap setelah disalurkan Sisa hasil usaha SHU priode Januari – juni 2022 yang merupakan tahap perdana dan kita tetap melakukan verifukasi.

“Selain itu juga saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Melawi terkhusus Bupati kabupaten Melawi. serta ketua koperasi Mandiri aman sejahtera dan seluruh masyarkat sekitar PT Agro Kalbar dan Adau Hijau Lestari yang selama ini telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik sehingga perusahaan dapat beroperasi dan berinvestasi  serta berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan perkebunan Kelapa sawit,jika hal tersebut selalu kita jaga dan kita rawat bersama insya Allah semua harapan kita bisa terwujud,” paparnya.

Ditempat yang sama Burhanudin selaku
Ketua Koperasi Mandiri Aman Sejahtera juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan  PT Agro Kalbar dan Adau Hijau Lestari yang hari ini juga telah mengabulkan keinginan kami petani walaupun sempat tertunda dan harus menunggu lama.

“Akhirnya pada hari ini cita-cita kami memiliki kebun plasma dapat didirealisasikan oleh pihak perusahaan PT Agro Kalbar dan PT Adau Hijau Lestari. kami berjanji untuk ikut menjaga dan merawatnya,” pungkasnya. Skn/Abd.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *