Ekonomi BisnisNasional

OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, Solusi Kelola Kesehatan Keuangan

×

OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, Solusi Kelola Kesehatan Keuangan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Bank OCBC NISP meluncurkan OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat perilaku mereka dalam mengelola finansial.

OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 bisa menjadi solusi untuk mengelola kesehatan keuangan. Sebab OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, merupakan riset tahun ke-2 setelah riset sebelumnya dirilis pada Agustus 2021. Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 42% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan.

Survei dari OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 menunjukkan skor Financial Fitness Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, namun skor ini dapat lebih baik lagi jika anak muda bisa mulai menerapkan cara yang lebih tepat dalam menabung dan berinvestasi.

Guna mengimbangi kesadaran dan penerapannya menuju masyarakat yang lebih #FinanciallyFit untuk Selamatkan Indonesia 170822, Bank OCBC NISP mengajak generasi muda mentransformasi cara menabung & berinvestasi bersama Nyala Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP Chinni Yanti Tjhin mengatakan, masih sedikit generasi muda yang menabung dan berinvestasi secara terstruktur.

“Hal ini merupakan kondisi yang mengkhawatirkan karena memiliki kesadaran saja tidak cukup untuk mencapai aspirasi keuangan,” kata Chinni pada konfrensi pers di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Menurut Chinni, saat usia produktif, setiap orang harus memikirkan bagaimana uang bisa bekerja untuk mereka. Salah satunya dengan mulai mengubah cara menabung dan berinvestasi sehingga dapat mewujudkan impian untuk 5-10 tahun ke depan, seperti membeli rumah dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Secara keseluruhan, Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor Financial Fitness Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi, seperti mengeluarkan uang demi mengikuti gaya hidup teman. Director Consumer Insights di NielsenIQ Indonesia Inggit Primadevi menyatakan, anak muda yang memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, cryptocurrency, bertambah menjadi 9% pada tahun ini.

Mereka cenderung berinvestasi berdasarkan tren dan menganggap investasi sebagai cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Padahal konsep menabung dan investasi tidak hanya sekedar menyimpan uang, tapi mendapatkan imbal hasil yang optimal melalui pemilihan produk sesuai pengetahuan, profil risiko dan jangka waktu investasi. Selain itu, mereka juga perlu mempertimbangkan keabsahan lembaga keuangan yang harus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, perusahaan ingin mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk #BangkitSehatFinansial dengan menerapkan cara menabung dengan tepat.

Sehingga, tidak hanya sekadar mengejar jumlah keuntungan secara instan. Namun mulai menerapkan transformasi cara menabung dengan mendiversifikasikan uang mereka ke beberapa instrumen keuangan, seperti membagi tabungan dengan deposito, tabungan berjangka, dan reksadana harian.

Menurut Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP, Amir Widjaya. sebagai salah satu solusi dari permasalahan finansial yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, NYALA OCBC NISP telah mempersiapkan solusi Check, Choose dan Cuan untuk mendukung mereka mengambil langkah konkret meraih kondisi yang #FinanciallyFit.

Caranya adalah dengan Check Kesehatan finansial di ruangmenyala.com, Choose kelas-kelas edukasi serta produk perbankan dan investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan mendapatkan cuan dari investasi tersebut.

“Kemudian dari benefit bebas biaya transaksi dan program menarik lainnya yang ditawarkan NYALA OCBC NISP,” ungkap Amir Widjaya. Tak hanya itu saja, Bank OCBC NISP juga telah mempersiapkan solusi pendampingan keuangan, mulai dari NYALA Financial Fitness Coaches, Komunitas meNYALA, platform edukasi ruangmenyala.com dan Financial Fitness Gym. Layanan NYALA OCBC NISP juga terus bertransformasi dalam memberikan benefit untuk nasabah; dengan konsep benefit bertingkat mulai dari Level Basic, Fit, Pro & Master, nasabah bisa mendapatkan benefit berdasarkan total saldo gabungan setiap bulannya. “Layaknya membership, semakin tinggi levelnya, nasabah bisa mendapatkan semakin banyak keuntungan setiap bulannya,” pungkas Amir Widjaya. Her

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *