Jawa  

5 Andong dari Klaten Turut Meriahkan Pernikahan Kaesang di Surakarta

IMG 20221210 WA0011

Klaten, Faktapers.id – Paguyuban Bendi Klaten (PBK) turut dalam memeriahkan acara ngunduh mantu pernikahan Putra Presiden Indonesia, Kaesang Pangarep di Surakarta, Minggu (11/12/2022).

Sebanyak 5 Kereta Kuda atau Andong akan diberangkatkan bersama-sama dari Klaten pada minggu pagi ini dan rencana digunakan untuk mengangkut tamu undangan. Para kusir Andong mengaku sangat senang dan bangga dilibatkan dalam acara tersebut.

“Terima kasih banget diikutkan acara. Semua warga Klaten, pokoknya suka dan senang. Menyengkuyung Mas Kaesang dan pak Presiden,” ucap Warsito, selaku ketua PBK, penuh antusias, Sabtu (10/12/2022)

Warsito menjelaskan bahwa seluruh Andong dan Kuda dipersiapkan secara khusus untuk acara di Surakarta tersebut. Andong dicuci dan dipasang berbagai hiasan untuk menambah kenyamanan penumpang.

“Ini tadi kami siapkan dari pagi. Andong semuanya sudah ready. Besok jam 3 pagi berangkat, tak gledek pelan-pelan (saya bawa pelan-pelan),” ujarnya.

Ia mengatakan untuk perawatan, Kuda juga diberikan jamu khusus agar staminanya terjaga selama perjalanan dan kegiatan berlangsung.

“Kudanya kita kasih telur. 1 kuda 10 telur, untuk kekuatan jalannya itu. Intinya semua sudah siap,” tegas dia.

Sementara itu, Polres Klaten juga melakukan pengecekan langsung kepada para pemilik Andong. Pengecekan Andong dilakukan oleh Wakapolres Klaten bersama sejumlah Perwira Polres dan Polsek.

Polres Klaten memastikan Andong dari Klaten yang digunakan untuk acara pernikahan Kaesang sudah siap, baik dari aspek kenyamanan maupun keselamatan.

“Alhamdulillah semua sudah ready, dan nanti malam akan digeser ke kota Solo. Rencana akan berangkat pada pukul 3 dini hari,” ungkap Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wakhyuni disela cek Andong di Jonggrangan, Klaten, Sabtu (10/12/2022).

Tri Wakhyuni kemudian memberikan himbauan kepada para kusir Andong agar berhati-hati selama perjalanan maupun pada saat mengangkut tamu undangan.

“Tentunya yang harus diperhatikan adalah dari faktor kehati-hatian, mengingat berangkatnya nanti lewat jalur utama,” imbau dia. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *