DaerahJawa

Ketum ORARI Tegaskan Netralitas di Pemilu 2024 Mendatang

×

Ketum ORARI Tegaskan Netralitas di Pemilu 2024 Mendatang

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Ketua Umum ORARI Pusat, Ida Bagus Gede Arnawan menegaskan sebagai organisasi pecinta radio amatir ORARI dipastikan tidak berafiliasi pada salah satu kandidat dalam menghadapi tahun politik pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan saat Pengukuhan Pengurus ORARI Klaten yang baru masa bakti 2022-2025 di acara Family Gathering NCS Call 2 yang berlangsung di Omah Mbah Lurah, Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah ini dihadiri Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya.

Menurut Ida, sebagai organisasi sosial, ORARI baik yang ada di tingkat daerah maupun lokal tidak boleh digiring untuk mendukung salah satu kandidat. Namun terhadap hak pilih dari setiap anggota pihaknya tidak mempermasalahkan.

“ORARI sebagai organisasi harus netral dalam tahapan pemilu yang akan datang. Tidak boleh ke salah satu parpol ataupun kandidat tertentu. Namun untuk masing-masing anggota tetap kami persilahkan, itu kan haknya,” ungkapnya, Sabtu (04/02/2023).

Ketua ORARI lokal Kabupaten Klaten, Susilo Hari Putranto menjelaskan rangkaian kegiatan family gathering ini digelar selama 2 hari yaitu tanggal 4-5 Februari 2023 dengan rangkaian acara beberapa lomba, donor darah dan bazar serta malamnya pelantikan pengurus baru.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat dan ajang silahturahmi NCS Call area 2 Jawa Tengah dan DIY. Di Klaten ini merupakan putaran yang ke empat, karena putaran pertama di Magelang, Kedua di Bantul dan yang ketiga di Karanganyar,” terang dia.

Untuk setiap masing-masing tempat dikemas berbeda bentuknya. Ia mencontohkan di Bantul dikemas ada rally wisata, di Karanganyar pengenalan taman hutan rakyat (Tahura) Candi Cetho dan terakhir di Klaten ini dikenalkan dengan Obyek Wisata Sendang Sinongko.

“Acara family gathering ini adalah sebagai wujud kontribusi kami ORARI Klaten membantu pemerintah mengangkat kearifan lokal. Terbukti juga hampir 90 persen hotel di Klaten penuh, karena acara ini dihadiri dihadiri dari Sabang sampai Merauke dan digelar selama 2 hari,” bebernya.

Sementara Ketua Family Gathering NCS Call 2, Narwanto mengatakan selama ini ORARI Klaten telah banyak berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat dalam hal dukungan komunikasi penanggulangan bencana dan kegiatan sosial lainnya.

“Kiprah ORARI Klaten dapat kita lihat bersama sumbangsihnya dalam meningkatkan pembangunan di berbagai bidang untuk menuju masyarakat Klaten yang maju, mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Seperti di masa pandemi COVID-19 kemarin, kata Narwanto, ORARI tampil bersama organisasi lainnya untuk melakukan penyemprotan disinfektan, operasi yustisi, membagikan masker dan pembuatan eco enzym, serta menjadi relawan pemulasaran jenazah.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *