DaerahJawa

Musrenbang 2024 Kecamatan Tulung Tekankan Penanganan Sampah dan Infrastruktur

×

Musrenbang 2024 Kecamatan Tulung Tekankan Penanganan Sampah dan Infrastruktur

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 dilaksanakan di Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan setempat, Jumat (10/02/2023).

Camat Tulung, Hendri Pamungkas mengatakan ada beberapa usulan, kemudian setelah dipilah memprioritaskan perbaikan infrastruktur jalan kabupaten yang melintasi Desa Mundu hingga Desa Sorogaten. Alasannya, kata dia, karena jalan tersebut rusak berat dilewati truk pengangkut galian C dan dikeluhkan warga.

“Selain itu, tak kalah pentingnya penanganan sampah diwilayah Tulung saat ini menjadi persoalan baru. Hal ini mendorong pemerintah kecamatan memfasilitasi desa untuk mengoptimalkan keberadaan TPS3R dengan mengolah sebelum dibuang di TPA Troketon,” katanya, usai kegiatan, Jumat (10/2/2023).

Dijelaskan Hendri, perlunya mendirikan Bank Sampah Unit Desa untuk mengoptimalkan peran TPS3R dan TPS, agar berkontribusi pada peningkatan pendapatan Bank Sampah Desa dan warganya. Menurut dia, meningkatnya volume sampah ini harus segera disikapi agar kedepan tidak menjadi persoalan lingkungan diwilayah ini.

“Saat ini di Kecamatan Tulung baru ada 2 desa yang sudah mendapatkan bantuan TPS3R yaitu Desa Kemiri dan Desa Bono. Harapannya semua desa bisa melakukan penanganan sampah secara mandiri untuk mengantisipasi problem sampah dikemudian hari,” ujarnya.

Hendri juga mengungkapkan dalam pembahasan musrenbang ini fokus pembangunan wilayah harus selaras dan terpadu antara pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan pusat guna mencapai sasaran kinerja pembangunan di tahun 2024.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *