Jabodetabek

Rencana Aksi Susur Sungai Dan Penanaman Pohon Di Kembangan Selatan

×

Rencana Aksi Susur Sungai Dan Penanaman Pohon Di Kembangan Selatan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dalam rangka memperingati HUT Damkar yang ke 104 Tahun yang jatuh pada tanggal 1 Maret, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat berencana akan melakukan aksi sosial susur sungai dan penanaman pohon pada Minggu 26 februari 2023.

Aksi tersebut dengan menyusuri sungai kaliangke dimulai dari RW 01 Kelurahan Kembangan Selatan hingga menuju Cengkareng drain dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam menggunakan enam hingga sepuluh perahu karet yang akan disediakan pihak Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat).

Dijadwalkan Walikota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko bersama Camat Kembangan Joko Suparno akan hadir dalam aksi tersebut.

Dalam hal ini, Lurah Kembangan Selatan, Pradana Putra sangat mendukung aksi sosial yang akan dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat.

“Kami Kelurahan Kembangan Selatan mendukung program aksi susur sungai serta penanaman pohon dilokasi wilayah Kembangan Selatan, aksi ini sangat mulia sekali. Kami Kembangan Selatan juga akan melibatkan RT, RW sekitar, warga sekitar untuk keluar dari rumah sisikan lengan baju, ikat kepala untuk mengikuti kerja bakti juga di lokasi tersebut,” kata Pradana Putra saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (21/2/2023).

Tak hanya itu, aksi tersebut merupakan aksi nyata para pejabat agar turun ke lapangan melihat kondisi disisi kali mana saja yang menjadi rawan genangan atau banjir ketika air kali angke itu naik.

“Pribadi saya apabila saya turun nanti, saya akan melihat beberapa atau ada sisi mana saja yang berdampak warga sekitar,” ungkap Pradana.

Mengenai kondisi lingkungan di aliran sungai atau kali, Pradana mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tentu harus ada yang namanya kesadaran masyarakat.

“Pastinya, harus ada kesadaran masyarakat. Bahasa kerennya itu “a sense of belonging” atau rasa memiliki yang dimana masyarakat tinggal di daerah situ harus wajib sadar lingkungan, tidak buang sampah sembarangan,” jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan survey guna melihat kesadaran masyarakat namun  masih ditemukan warga yang membuang sampah sembarangan.

Pradana juga menegaskan, adanya program tersebut dirinya akan selalu mendukung program dan kegiatan yang positif tetapi pihaknya meminta pula dukungan kepada masyarakat.

“Pasti, semua kegiatan positif atau yang berdampak baik pada warga, program tersebut akan berlanjut tetapi kegiatan ini bukan serta merta dari aksi pemerintah saja harus didukung oleh semua masyarakat, bukan hanya di kembangan selatan tapi warga provinsi DKI,” tegasnya.

Pradana Putra berharap dengan adanya aksi sosial dengan tema aksi susur sungai dan penanaman pohon, Dinas Gulkarmat lebih di cintai oleh masyarakat.

(ibeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *