DaerahBali

Owner Spaice Beach Club Lovina Jro Nyoman Arya Astawa Ajak Masyarakat Sambut Nyepi Caka 1945 Penuh Cinta Kasih

×

Owner Spaice Beach Club Lovina Jro Nyoman Arya Astawa Ajak Masyarakat Sambut Nyepi Caka 1945 Penuh Cinta Kasih

Sebarkan artikel ini

Singaraja.Faktapers.id –Nyepi adalah hari suci bagi umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Caka, menurut kalender yang digunakan oleh umat Hindu di Bali. Makna dari itu perayaan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu adalah meninggalkan aktivitas duniawi dalam keheningan dengan cara bermeditasi dengan melaksanakan Catur Brata Penyepian yang terdiri dari 4 pantangan yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi umat Hindu, di antaranya amati karya, amati geni, amati lelungan, dan amati lelanguan.

Salah satu tujuan dari perayaan Hari Raya Nyepi adalah untuk menemukan jati diri demi mendapatkan keseimbangan diri dan alam semesta. Hari Raya Nyepi Caka 1945 jatuh pada tanggal 22 Maret 2023, umat hindu akan melakukan ritual pembersihan dengan beberapa sarana bebanten mulai dari pekarangan rumah dan tempat suci (Pura). Menariknya tradisi ogoh-ogoh akan diarak muda-mudi keliling desa yang merupakan bagian dari ritual untuk mengusir Buta Kala.

Owner Spaice Beach Club Lovina Jro Nyoman Arya Astawa mengucapakan “Om Swastiastu , semoga seluruh Umat di Jagat Raya dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian senantiasa diberikan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan berkah hadir dalam keheningan Om Santhi Santhi Santhi Om”

Selaku pelaku Wisata di Lovina sangat berharap Hari raya Nyepi tidak ternoda oleh hal-hal lain yang nantinya dapat menurunkan kunjungan wisatawan, “Nyepi Caka 1945 ini akan menjadi moment special disamping itu masyarakat tiap desa akan mengarak ogoh-ogoh dan ini yang ditunggu wisatawan kita. Mari jaga Nyepi menjadi indah tanpa noda,”kata Mang Dauh.

(ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *