Berita

Bagus Buat Ekonomi, Menteri Ini Dukung Libur Idul Adha 3 Hari

×

Bagus Buat Ekonomi, Menteri Ini Dukung Libur Idul Adha 3 Hari

Sebarkan artikel ini

 

Faktapers.id  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan penambahan libur Idul Adha menjadi tiga hari, 28, 29 dan 30 Juni 2023, bermanfaat bagi pemerataan ekonomi.

Dia melihat penambahan cuti bersama libur Idul Adha ini juga akan mendorong pergerakan ekonomi. Sebab, setiap libur yang lebih dari dua hari menjadi momentum masyarakat untuk berwisata sekaligus bersilaturahmi dengan keluarganya, termasuk pergerakan ke daerah-daerah.

“Secara keseluruhan ini adalah terkait dengan bagaimana ekonomi ini juga bergerak ke daerah. Karena setiap libur yang lebih dari dua hari itu pergerakan ke daerah juga tinggi dan mendorong pemerataan ekonomi tumbuh di berbagai kawasan,” tegas Anas saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, dikutip Selasa (20/6/2023).

Pembahasan mengenai tambahan libur telah dilakukan bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. Adapun, kebijakan ini akan diajukan terlebih dahulu ke Presiden, sebelum disahkan.

“Nanti tinggal menunggu persetujuan dari bapak presiden. Kan itu perlu perpres, itu kan perlu merubah SKB (surat keputusan bersama). Termasuk dengan Menko PMK, Menteri PANRB, Menteri Agama, dan Menteri Tenaga Kerja,” tegasnya.

Adapun, sidang Isbat pada 18 Juni 2023 telah menetapkan Idul Adha pada 29 Juni 2023. Sementara itu, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Iduladha pada 28 Juni 2023.

Anas menepis pernyataan yang mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil lantaran perbedaan Hari Raya Idul Adha dengan Muhammadiyah. Namun, hal ini juga mempertimbangkan kondisi anak-anak sekolah yang tengah libur.

“Jadi bukan semata-mata soal Muhammadiyah. Ini kan sedang libur anak-anak sekolah, sehingga kualitas keluarga ini supaya ke depan semakin bagus,” tegasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *