JawaDaerah

Sebanyak 251 Mahasiswa Unwidha Klaten Ikuti Pembekalan KKN

×

Sebanyak 251 Mahasiswa Unwidha Klaten Ikuti Pembekalan KKN

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten memberikan pembekalan kepada Mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) disejumlah desa selama satu bulan.

Pembekalan bertema “Pembinaan dan Pembangunan Desa Wisata” ini diselenggarakan di Aula Kampus setempat, Senin (24/7/2023). Kegiatan diikuti sebanyak 251 Mahasiswa dengan menghadirkan pemateri atau stakeholder yang terlibat dalam kegiatan KKN.

Rektor Unwidha Klaten, Prof Triyono menyampaikan pelaksanaan KKN atau KKT merupakan kegiatan wajib bagi Mahasiswa PTN maupun PTS karena hal ini adalah bagian dari rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Ada pendidikan dalam bentuk ilmiah penelitian skripsi tugas akhir atau tesis atau disertasi pengabdian pada masyarakat bentuknya KKN atau KKT dengan tugas langsung terjun ke masyarakat membantu permasalahan yang ada,” terang dia.

Melihat kondisi desa, Triyono berharap Mahasiswa bisa ikut berkolaborasi sesuai tema yaitu memajukan industri pariwisata dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) sehingga berdampak masyarakat makmur sejahtera.

Ketua Panitia LP2M Unwidha Klaten Dr. Agus Yuliantoro mengatakan ada sejumlah 251 Mahasiswa nantinya tersebar di 10 Desa diwilayah Kabupaten Klaten. Mereka mempunyai berbagai macam kegiatan seni budaya dan pengembangan UMKM.

“Sekarang permintaan dari desa adalah pengembangan wisata, maka diambilah tema desa wisata dengan tidak meninggalkan seni budaya lokal. Karena budaya yang merupakan kearifan lokal itu tetap harus dipertahankan supaya tidak punah,” bebernya.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *