Berita

Siapa Panglima Jilah yang Datang ke Bareskrim Ikut Laporkan Rocky Gerung?

×

Siapa Panglima Jilah yang Datang ke Bareskrim Ikut Laporkan Rocky Gerung?

Sebarkan artikel ini
Siapa Panglima Jilah yang Datang ke Bareskrim Ikut Laporkan Rocky Gerung?

Suara.com – Polemik ‘hinaan’ yang diucapkan Rocky Gerung pada Presiden Joko Widodo ternyata berbuntut panjang. Meski pihak kepolisian telah menghentikan semua laporan yang dimasukkan karena dianggap tidak memenuhi syarat, belakangan dikabarkan Panglima Jilah datang ke Bareskrim secara langsung untuk kasus ini. Namun tahukah kalian siapa Panglima Jilah yang datang ke Bareskrim ini? 

Pertanyaan ini cukup banyak diajukan, lantaran belum banyak yang mengenal sosoknya. Padahal Panglima Jilah beberapa kali berada satu frame dengan Presiden Joko Widodo di berbagai kesempatan. Mari mengenal siapa Panglima Jilah sebenarnya.

Mengenal Siapa Panglima Jilah

Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng Dayak, menjadi ‘pasukan’ yang berada di bawah kepemimpinannya. Lahir pada 1980 lalu.

Baca Juga:Ada Berapa Suku di Kaltim? Berikut ini Daftarnya

Namanya juga pernah viral ketika Ida Dayak mengemuka beberapa waktu yang lalu karena menggunakan beberapa minyak asal Kalimantan untuk menyembuhkan penyakit tolang saat dioleskan.

Nama aslinya diketahui adalah Agustinus, lelaki kelahiran Toho, Desa Sambora, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Panglima Jilah menjalani masa kecil yang kurang beruntung, karena memiliki kelainan fisik yang cukup mencolok.

Jiwa kepemimpinannya telah muncul sejak kecil karena menjadi kakak pertama dari lima adiknya. Demi agar adik-adiknya bisa memakan nasi dan lauk pauk, ia sering kali memilih makan singkong saja. 

Sang ayah bekerja sebagai petani, sehingga memiliki penghasilan yang pas-pasan. Namun demikian ada darah keturunan panglima atau pangalangok dari keluarga orang tuanya. Sang ayah sendiri berasal dari Ne’Macatn, dan sang ibu berasal dari Ne’Bandong, Ne Matas. Garis keturunan ini yang membuatnya di masa dewasa menjadi pemimpin Pasukan Merah Dayak.

Saat ini, namanya menjadi salah satu yang paling disegani dan dikagumi di Kalimantan. Dalam perjuangan hak masyarakat adat, ia selalu berada di barisan terdepan. Bahkan masyarakat adat menjadikannya simbol perjuangan masyarakat dalam pencarian keadilan di tanah leluhurnya.

Baca Juga:Ikut-ikutan Rocky Gerung, Jumhur Hidayat Sebut Omnibus Law Kebijakan Bajingan Tolol

Kesaktian Panglima Jilah

Tidak hanya disegani karena kemampuan memimpin dan perjuangannya, ternyata Panglima Jilah juga dipercayua memiliki banyak kemampuan lain. Mulai dari seni bela diri tradisional Dayak, hingga dipercaya memiliki kesaktian ilmu kebal. 

Tubuh yang berbalut tato khas Dayak seperti menjadi penegasan atas jabatan dan penghormatan yang diberikan padanya. Ia juga tak ragu berpenampilan seperti apa adanya ketika bepergian, sehingga mudah dikenali dari jauh.

Itu tadi sekilas mengenai siapa Panglima Jilah yang datang ke Bareskrim beberapa waktu yang lalu dalam konteks pelaporan Rocky Gerung karena dianggap telah menghina Presiden Jokowi. Semoga berguna, dan salamat melanjutkan kegiatan Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *