DaerahKalimantan

Memiliki Edukasi Tinggi Camat Tanah Pinoh Budiman Canangkan 2 Desa Menjadi Desa  Indah Tanpa Sampah

×

Memiliki Edukasi Tinggi Camat Tanah Pinoh Budiman Canangkan 2 Desa Menjadi Desa  Indah Tanpa Sampah

Sebarkan artikel ini

Melawi.Faktapers.id – Dalam rangka menjadikan Tanah Pinoh yang bersih, indah dan asri, Camat Tanah Pinoh menggagas untuk melakukan pembentukan kelompok desa tanggap sampah dalam rangka strategi pengelolaan sampah di Kecamatan Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi.

Pembentukan kelompok Desa Tanggap Sampah merupakan program jangka pendek Camat Tanah Pinoh, Budiman di 2 desa.diantaranya Desa Batu Begigi dan Desa Loka Jaya. Pembentukan kelompok ini dalam rangka pengelolaan dan penanganan sampah, karena sampah sampah yang ada hampir semua di buang ke sungai.

“Dalam kaitan itu, pada bulan Juli sampai agustus ini kita sudah mulai action melakukan pengelolaan sampah, dengan cara kerja bakti tiap Jum’at di desa batu begigi dan desa loka jaya yang menjadi salah satu desa prioritas utama. Kedua desa itu, kita jadikan contoh serta icon Tanah Pinoh dalam mengelola sampah, dalam hal itu juga kita melibatkan semua unsur, PKK desa, perangkat desa, Kadus, RT semua warga peduli sampah serta libatkan juga unsur TNI PolriI Puskesmas, Pihak pengusaha, perusahaan untuk bergotong royong melakukan penanganan sampah di dua desa tersebut.l,” jelas Budiman S.Sos.M.A.P Camat Tanah Pinoh.

Ia secara tegas mengatakan bahwa semua pihak akan terlibat demi memudahkan proses pengendalian sampah. “Jika tidak kita lakukan secara dini maka sampah akan menjadi persoalan yang sangat patal, tetapi jika secepatnya kita lakukan tindakan secara bersama bisa terurai dengan baik,” terangnya.

Adapun langkah langkah yang harus kita lakukan, sambungnya,  adalah pertama pembentukan kelompok yang kedua kita Buatkan jadwal kerja bakti gagasan dan edukasi tentang sampah, pemisahan sampah, karena sampah mempunyai nilai ekonomis apabila dikelola menjadi pupuk organik dan sampah plastik bisa di jadikan biji plastik dan lain lain.

“Di kecamatan tanah pinoh terutama di desa batu begigi limbah dari kayu ulin juga memiliki nilai ekonomis, bisa dijadikan asbak, meja dan sejenisnya yang bisa dilakukan oleh pengrajin yang ada,dengan nilai yang tinggi juga peminatnya bisa kita kata kan sangat besar. Sedangkan Kayu kayu yang lainnya yang bergeletakan di tepi sungai pada saat ini sedang di rancang untuk dijadikan penunjang ekonomi bagi warga juga,” papar camat.

Disisi lain TP PKK desa dan kecamatan akan berkolaborasi untuk melakukan sosialisasi tentang pengelolaan limbah sampah baik sampah organik maupun non organik. Sehingga sampah yang dulunya jadi masalah,bisa terkikis dan dijadikan sesuatu yang bermanfaat dan mendatangkan berkah buat semua warga.

“Sehingga disini saya mengajak kepada warga yang ada di kota kecamatan tanah pinoh, mari kita dukung bersama pengelolaan sampah di tanah pinoh dengan cara seksama demi terwujudnya desa yang indah tanpa sampah. Apalagi kedepan di desa batu begigi dan loka jaya akan dibangun TPS di masing masing dusun dan TPA di desa batu begigi dan desa loka jaya. Serta adanya bantuan Sapras untuk angkutan sampah pembangunannya dan pengadaan itu menggunakan dana APBN tahun 2023 ini,” pungkas Camat Budiman.

(Sukiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *