Headline

Video Viral Aksi Dua Kelompok Simpatisan Palestina dan Israel Bentrok

×

Video Viral Aksi Dua Kelompok Simpatisan Palestina dan Israel Bentrok

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Media sosial dihebohkan dengan video yang menunjukkan diduga aksi bentrok antar dua kelompok warga di pusat Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu (25/11). Apakah hanya gimik ?

Dalam video yang beredar tampak beberapa orang dari masing-masing kelompok saling menyerang. Belakangan, diketahui bahwa dua kelompok massa yang bentrok adalah para simpatisan Palestina dan simpatisan Israel.Tampak juga mereka mengenakan atribut masing-masing dan membawa bendera Palestina dan Israel sambil berlarian.

Tak ada korban luka di masing-masing kelompok yang terlibat.Polisi turun tangan usai kelompok massa aksi bela Palestina terlibat bentrok dengan organisasi masyarakat (ormas) di Bitung, Sulawesi Utara.

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Setyo Budiyanto mengatakan massa yang terlibat ribut-ribut merupakan dua kelompok ormas, yaitu ormas yang pro terhadap Palestina dan ormas pro terhadap Israel.

“Makanya itu dari masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi [bela] terhadap Palestina.

Mungkin karena ada sesuatu dan lain hal kira-kira seperti itu [sehingga terjadi ribut-ribut],” ungkap Setyo, Sabtu (25/11), mengutip Detik.com.

Ia menjelaskan kericuhan dua kelompok massa ini terjadi di ruas jalan Kota Bitung, Sabtu sore. Aparat gabungan TNI-Polri kemudian turun tangan meredam dua kelompok tersebut.“Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan cooling down, untuk bisa menetralisir supaya permasalahannya tidak semakin meluas,” kata dia.

Namun Setyo enggan bicara lebih lanjut saat ditanya soal dampak kericuhan itu. Namun ia memastikan situasi saat ini sudah berangsur kondusif.

“Sekarang masing-masing pihak kondisinya rata-rata sudah kembali ke rumah masing-masing. Tinggal kita nanti melakukan patroli, meningkatkan pengamanan supaya malam ini mudah-mudahan sampai besok dan seterusnya situasi semakin kondusif dan aman,” tuturnya.

[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *