DaerahJawaPendidikan

Buka Diklat Satpam di Klaten, Dir Binmas Polda Jateng Tekankan Sikap dan Kepribadian

×

Buka Diklat Satpam di Klaten, Dir Binmas Polda Jateng Tekankan Sikap dan Kepribadian

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Jawa Tengah kembali melaksanakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Satpam Gada Pratama Angkatan LXXII Tahun 2023 yang dihadiri oleh Dirut BUJP PT Gada Pratama Security, Agus Nur Wijanarko, Kasat Binmas Polres Klaten, dan siswa peserta diklat.

Pembukaan Diklat Satpam Gada Pratama Tahun 2023 yang digelar di Pusdik Satpam BUJP PT Garda Total Security, Jl Jogja-Solo, Desa Karangdukuh, Jogonalan, Klaten tersebut dibuka langsung oleh Dir Binmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Setyono, S.I.K, Senin (27/11/2023).

Dalam sambutannya, Kombes Pol Lafri Setyono menyampaikan agar seluruh peserta dapat mengikuti Diklat dengan sungguh-sungguh sehingga saat dilapangan dan menjalani tugas nantinya sebagai pembantu Polri dalam menjaga Kamtibmas dapat dilakukan sebaik mungkin.

“Satuan pengamanan atau yang disingkat satpam adalah sebagai satuan atau kelompok petugas untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan di lingkungan kerjanya, harus memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas melalui suatu pelatihan,” tandasnya.

Pelatihan ini, lanjut dia, merupakan pelatihan bagi anggota satpam yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang satpam, sehingga memiliki kemampuan dasar dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personil, informasi dan pengaman teknis lainnya.

“Kemampuan kompetensi di atas dapat diperoleh melalui pelatihan dengan tujuan menghasilkan satpam yang memiliki sikap mental dan kepribadian yang baik, kesamaptaan fisik dan pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksana tugas satpam,” ungkapnya, Senin (27/11/2023).

Oleh karena itu, menurut Lafri, peserta satpam berhak mengikuti pelatihan dan diharapkan nantinya dapat menjadi satuan pengamanan yang bertugas membantu Polri di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat pada lingkungan di mana saudara ditugaskan dan ditempatkan.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *