Headline

Melihat Gestur Gibran Sepanjang Debat Capres Pertama di KPU

×

Melihat Gestur Gibran Sepanjang Debat Capres Pertama di KPU

Sebarkan artikel ini

 

Faktapers.id, Jakarta – Sepanjang pergelaran debat capres pertama yang digelar KPU pada Selasa malam, beberapa momen menarik terlihat dari kubu para pendukung dan cawapres masing-masing calon presiden.

Salah satunya adalah di kubu pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Sepanjang debat, Gibran terlihat duduk di depan para pendukungnya. Ia pun terlihat seperti seorang pemimpin suporter yang meminta para pendukung Prabowo untuk menyemangati jagoan mereka.

Momen itu terlihat saat Prabowo Subianto tengah menjawab pertanyaan Anies Baswedan tentang Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90/PUU-XXI/2023. Prabowo mengatakan, dia tidak takut tidak mempunyai jabatan. “Sorry ye,” ucapnya, diiringi sorak-sorai para pendukung.

Melihat itu, Gibran bangkit dari kursinya. Dia kemudian membuat gestur agar para pendukungnya bersorak lebih keras. Namun, sebelum para pendukung bersorak lagi, moderator segera memperingatkan para hadirin untuk tenang.

Sebelumnya Gibran juga terlihat mencatat saat Anies menyampaikan pendapatnya dalam debat tersebut. Anies saat itu menyatakan tentang hukum yang bisa ditekuk sesuai kepentingan penguasa.

Dalam sesi penyampaian visi misi itu, Anies mengatakan hukum merupakan rujukan utama untuk memastikan ada rasa keadilan. “Ini harus dipegang teguh oleh semua pemegang kekuasaan,” ucapnya di kompleks Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Tak hanya itu, Anies sempat menyindir Gibran. Dia mengatakan saat ini ada sosok milenial yang menjadi calon wakil presiden. Namun, di luar sana banyak anak muda yang aspirasi mereka tidak terakomodasi oleh pemerintah.

Sepanjang Anies menyampaikan visi misi, Gibran tampak menyimak dan mencatat. Dia juga tampak mencatat pada sesi penyampaian visi misi calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan debat antarcalon presiden.

 

Adapun saat dimintai tanggapannya soal debat itu, Gibran enggan menjawabnya. Ia memilih untuk menyerahkan penilaian soal debat itu kepada masyarakat.

“Yang nilai biar warga saja ya,” kata Gibran saat ditemui selepas acara debat di luar gedung KPU RI, Jakarta, Selasa.

Selepas berkomentar singkat, Calon wakil presiden nomor urut 2 itu melanjutkan perjalanan dari gerbang KPU menuju kendaraan. Dia tidak menjawab pertanyaan wartawan yang berkerumun di sekitar dirinya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid saat ditanya wartawan selepas sesi debat menyebut Gibran mencatat apa yang seharusnya dicatat.

“Itu menunjukkan Mas Gibran serius,” kata Nusron. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *